fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


2 Ramadhan 1442  |  Rabu 14 April 2021

Doa Keluar dari Rumah dan Mohon Perlindungan

Doa Keluar dari Rumah dan Mohon PerlindunganFiqhislam.com - Jika masyarakat harus keluar rumah karena urusan yang tidak bisa ditinggalkan maka Islam merupakan agama yang mendahulukan akhlak serta adab.

Adapun, adab dan etika memiliki banyak jenis, salah satunya dengan berdoa. Berikut doa keluar dari rumah yang perlu dibaca guna memohon perlindungan dari Allah, mengingat wabah corona ada di mana-mana. 

Dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunah karya Sa'id Ali bin Wahf al-Qahthoni dijabarkan, terdapat doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika seseorang hendak keluar rumah.  Doa ini bersumber dari hadis Rasulullah SAW. 



Hadis tersebut diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan Imam At-Tirmidzi dengan sanad yang shahih berbunyi: "Bismillahi tawakaltu alallahi wa la haula wa la quwwata illa billahi." 

Yang artinya: "Dengan nama Allah aku bertawakal kepda-Nya dan tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah,". 

Kemudian dilanjutkan dengan membaca: "Allahumma inni audzubika an adhilla aw udholla aw azilla aw uzalla aw azhlima aw uzhlama aw ajhala aw yujhala alayya.

Yang artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu jamgan sampai aku sesat atau disesatkan, berbuat kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiyaya, dan bodoh atau dibodohi,". 

Dengan membaca doa tersebut, semoga kita selalu mengingat Allah dan makin dekat kepadaNya. Selain itu semoga, apa-apa yang kita haturkan dan inginkan dari doa yang ada, Allah kabulkan. [yy/republika]

 

 



 

Tags: Doa