8 Rabiul-Awwal 1444  |  Selasa 04 Oktober 2022

basmalah.png

3 Golongan di Hadapan Al-Quran

3 Golongan di Hadapan Al-Quran

Fiqhislam.com - Seorang Muslim sejatinya diwajibkan untuk menjadikan Alquran dan hadis sebagai pedoman hidup. Namun dalam menjalankan perintah Alquran, terdapat tiga golongan Muslim dalam mengamalkan perintah Allah SWT.

Imam Ibnu Katsir dalam Tafsir al-Quran al-Adhim, menjabarkan bahwa dalam mengamalkan isi Alquran, umat Nabi Muhammad SAW terbagi menjadi tiga golongan.

Pertama, orang yang zalim kepada dirinya sendiri,  yang berlebihan dalam mengamalkan sebagian kewajiban, serta seringkali melakukan suatu hal yang terlarang.  

Meski begitu menimbang dari separuh amalan yang dikerjakan tadi, menurut Ibnu Abbas, golongan ini kelak akan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Kedua, orang yang tak berlebihan. Yaitu orang yang melaksanakan kewajiban dan menjauhi larangan tetapi seringkali meninggalkan ibadah sunnah dan melakukan hal-hal yang dimakruhkan.

Golongan ini pun tak luput dari ganjaran Allah, yakni kelak akan masuk surga atas anugerah yang telah diberikan Allah SWT.

Ketiga, orang yang selalu berlomba-lomba dalam kebaikan, yaitu orang yang menjalankan kewajiban namun juga hal yang disunnahkan.   

Tak hanya itu, golongan ketiga ini juga patuh dalam menjauhi hal yang haram dan yang dimakruhkan serta meninggalkan sesuatu yang dihukumi mubah.

Golongan ini akan diberikan keistimewaan oleh Allah dengan ganjaran surga tanpa adanya perhitungan amal atau hisab. Dari sini dapat dipahami bahwa banyak orang yang mengetahui isi Alquran namun perilakunya belum mencerminkan ajaran Allah SWT.

Oleh karena itu di tengah keterbatasan kita sebagai manusia, alangkah baiknya mengamalkan amalan yang diperintahkan Allah dan menjauhi laranganNya agar kita kelak mendapatkan keistimewaan surga. [yy/republika]