15 Safar 1443  |  Kamis 23 September 2021

basmalah.png

5 Racun dan 5 Penawarnya

5 Racun dan 5 Penawarnya


Fiqhislam.com - Dalam kehidupan ini banyak racun yang dapat menyebabkan hidup seseorang celaka. Namun, racun itu ada penawarnya. Karena itu, perlu bagi setiap orang mengetahui racun tersebut dan paham pula penawarnya.

Ada sebuah perkataan hikmah yang menyebutkan, ada lima racun dan lima penawar.

Racun pertama adalah dunia. Dunia adalah racun yang menghalangi kita untuk melihat akhirat. Penawarnya adalah zuhud, yakni meletakkan dunia di tangan, bukan di hati. Ketika seseorang bisa bersikap zuhud, maka dunia jadi kendaraan baginya menuju akhirat.

Racun kedua adalah harta. Harta merupakan racun. Banyak orang bermusuhan, bahkan sampai saling bunuh, gara-gara berebut harta.

Penawarnya adalah zakat. Orang yang terbiasa membayar zakat, maka hartanya tidak jadi racun.

Racun ketiga adalah berkata yang sia-sia. Perkataan yang sia-sia adalah racun. Supaya perkataan kita tidak jadi racun, maka gunakanlah penawarnya yakni dzikir.

Racun keempat adalah umur. Seluruh umur kita jadi racun. Penawarnya supaya tidak jadi racun adalah taat kepada Allah.

Racun kelima adalah bulan. Ia menjelaskan, seluruh bulan dalam satu tahun itu bisa jadi racun. Penawarnya adalah bulan Ramadhan. Ramadhan disiapkan oleh Allah bagi kaum Muslimin  untuk merenung dan muhasabah. Tak heran kalau Rasulullah mengatakan, ‘Seandainya tidak memberatkan bagi umatku, aku ingin seluruh bulan dalam setahun adalah bulan Ramadhan’. [yy/republika]

Ustaz Muhajir Affandi

 

Tags: Zuhud | Harta | Zakat | Umur | Ajal