12 Safar 1443  |  Senin 20 September 2021

basmalah.png

8 Surga dan Ragam Penghuninya

8 Surga dan Ragam PenghuninyaFiqhislam.com - Surga terkenal dengan segala kenikmatannya, tempat manusia-manusia terbaik berkumpul di akhirat. Surga merupakan tempat yang diidam-idamkan semua manusia sebagai tempat tinggal yang abadi setelah ajal menjemputnya.

Menurut para ulama di dalam surga ada banyak pohon kurma dan anggur, sebagian lagi mengatakan bahwa surga adalah tempat yang rindang dengan banyak pohon pohon lebat yang menaunginya.

Bagimana manusia ditempatkan di surga? Ini tak lepas dari amal ibadahnya di dunia.

“Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik yaitu surga dan tambahannya kenikmatan melihat Allah“. (Q.S. Yunus: 26)



“Maka tidak seorang pun mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka, yaitu [bermacam-macam nikmat] yang menyenangkan hati sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (Q.S. As-Sajdah: 17)

Jadi, surga yang mereka tempati juga berbeda-beda. Mereka juga memasukinya dari pintu yang berbeda-beda. Apa sajakah?

Berikut ini ulasannya:

1. Surga Firdaus

Allah menciptakan surga firdaus diperuntukan bagi orang orang yang memelihara amanat yang dipikulnya.  Kita tahu sendiri bahwa setiap orang akan dimintai pertanggungjawaban atas beban yang ditanggungnya. Orang yang memelihara shalat akan masuk ke surga firdaus juga.

“Sesungguhnya orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh bagi mereka adalah surga firdaus menjadi tempat tinggal.” (Q.S. Al Kahfi: 107)

“Dan orang orang yang memelihara shalat. Mereka itu adalah orang orang yang akan mewarisi surga firdaus, mereka kekal di dalamnya” (Q.S. Al Mu’minuun: 9-11)

Calon penghuni surga firdaus yang lainnya yaitu orang orang yang menghindari dari perbuatan sia sia seperti tidak memanfaatkan waktu dengan baik. Orang orang yang menjaga kemaluannya kecuali pada istri istri mereka juga akan diberi ganjaran surga firdaus.

2. Surga Adn

Dalam Aslquran, Allah berfirman, “Yaitu surga ‘adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang orang yang bertakwa.” (Q.S. An Nahl: 31)

Amal apa yang bisa dibanggakan dan bisa menjadi jaminan untuk masuk ke surga ‘adn? Calon penghuni surga ‘adn diantaranya adalah orang yang mencari keridhoan Allah, orang yang bertaubat, beriman, dan beramal sholeh, serta orang yang benar-benar bertakwa.

3. Surga Darussalam

Surga darussalam akan dihuni oleh orang yang kuat iman dan islamnya, orang yang memperhatikan ayat-ayat Alquran serta mengamalkannya. Menyiarkan agama Allah walaupun hanya 1 ayat memiliki makna yang besar dan ternyata bisa mendatangkan pahala dengan ganjaran surga.

“Dan Allah menyeru manusia ke Darussalam yaitu surga dan memimpin orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus.” (Q.S. Yunus: 25)

4. Surga Na’iim

Surga na’iim diciptakan Allah untuk orang yang beriman dan beramal sholeh. Orang yang bertakwa pun akan bisa masuk ke surga na’iim.

“Sesungguhnya orang orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh, bagi mereka bakal mendapatkan surga yang penuh dengan kenikmatan.” (Q.S. Al Hajj: 56)

“Maka orang orang beriman dan mengerjakan amal sholeh ada di dalam surga yang penuh kenikmatan.” (Q.S. Al Luqman: 8)

Pada intinya orang yang beriman dan beramal sholeh akan bebas memilih pintu surga mana yang ingin dia masuki.

5. Surga Khuldi

Kaum yang masuk dalam surga khuldi adalah mereka yang selalu mematuhi perintah Allah. Perintah Allah sudah ada di dalam Alquran dan tertulis dengan jelas.

“Katakanlah, apa siksa yang seperti itu yang baik atau surga yang kekal, yang talah dijanjikan kepada orang orang yang bertakwa, sebagai balasan dan kediaman kembali mereka” (Q.S. Al Furqon: 15)

Orang yang menjauhi larangan Allah juga akan masuk pada surga khuldi. Menjauhi godaan duniawi yang penuh dengan kenikmatan sesaat.

6. Surga Muqoomul Amiin

Tidak sembarang orang mampu memasuki pintu surga ini. Calon penghuninya adalah orang orang yang keimanannya telah mencapai tingkat muttaqin. Tingkat muttaqin adalah tingkatan ketakwaan seseorang yang paling tinggi.

“Sesungguhnya orang orang yang bertawakal tinggal di dalam tempat yang aman yaitu surga“ (Q.S. Ad Dukhan: 51)

Orang yang bertakwa yaitu orang orang yang meyakini Allah dengan sepenuh hati, menjauhkan diri dari perbuatan syirik dan patuh dengan segala perintah Allah.

7. Surga Ma’wa

Surga ma’wa  adalah surga yang akan dihuni oleh orang yang beriman dan orang orang yang takut akan kebesaran Allah.

“Adapun orang orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh, maka bagi mereka mendapat surga surga tempat kediaman, merupakan pahala pada apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. As Sajadah: 19)

Orang yang menahan diri dari nafsu yang buruk serta mampu mengendalikan diri adalah orang yang dirindu surga ma’wa. Orang yang paling kuat, yaitu orang yang bisa mengalahkan hawa nafsunya sendiri, bukan orang yang mampu mengalahkan orang lain dengan kekuatan ototnya.

 “Maka sesungguhnya surga ma’wa lah tempat tinggalnya.” (Q.S. An Nazi’at: 41)

8. Surga Daarul Muqoomah

Surga ini diperuntukan bagi kaum yang sering berbuat kebaikan. Kebaikan yang dilakukan dengan ikhlas tanpa mengharapkan pamrih dan imbalan. Calon penghuninya juga termasuk dalam orang yang jarang melakukan kesalahan.

“Dan mereka berkata, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesedihan dari kami. SUngguh, Rabb kami benar benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang dengan karunia-Nya menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga), di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu.” (Q.S. Fathir: 34-35)

Intinya, kedelapan pintu surga itu hanya dapat dimasuki oleh orang-orang yang beriman dan bertaqwa serta senantiasa beramal shaleh selama berada di dunia. [yy/islampos]