22 Dzulhijjah 1442  |  Minggu 01 Agustus 2021

basmalah.png

Lima Kehebatan Bangsa Persia yang Melegenda

Lima Kehebatan Bangsa Persia yang Melegenda

Fiqhislam.com - Persia ialah bangsa besar dengan wilayah kekuasaan yang luas. Di era keemasannya, bangsa yang kini dikenal Iran itu mampu menaklukkan sebagian besar wilayah Asia hingga daratan Afrika. Bangsa ini banyak menghasilkan temuan hebat bagi peradaban manusia.

Menurut catatan sejarah Islam, Persia dikenal sebagai bangsa yang berperadaban tinggi dan berjasa mengembangkan ilmu pengetahuan. Namun ironis, semua kemajuan dan kejayaan tersebut perlahan tapi pasti berhasil diruntuhkan oleh banyak bangsa rivalnya. Berikut bukti peninggalan kehebatan bangsa Persia sebagaimana dilansir dari boombastis.com.

Penemu Kincir Angin

Kincir angin termasuk salah satu temuan yang sangat fundamental. Bangsa Persia diklaim sebagai penemu pertama alat kincir angin. Mereka pertama kali mendesain bentuk kincir angin vertikal yang ada di zaman sekarang. Para penduduk Persia menggunakan kincir angin untuk menggiling hasil pertanian hingga memompa air.

Bangsa Pertama Pengagas HAM

Bangsa Persia telah lama mengenal HAM. Sistem yang mengatur soal HAM itu tertuang dalam sebuah peninggalan mereka bernama Cyrus Cylinder. Isinya yakni mengatur ihwal persamaan bagi semua ras, kebebasan soal menganut agama dan menggunakan bahasa. Selain itu, Cyrus Cylinder juga menjelaskan bagaimana memberi kesempatan kepada budak dan orang asing untuk kembali ke kampung halaman mereka.

Membangun Jalan Terpanjang

Dalam berbagai literatur Persia tercatat sebagai bangsa pertama yang membangun jalan raya terpanjang. Jalanan itu terbentang dari Sardis (Turki) hingga ke Susa (Iran) dengan jarak mencapai 2.699 kilometer (km). Penggagas proyek pembangunan jalan tersebut adalah Raja Darius I di era keemasannya.

Pembangunan jalan bertujuan memudahkan sang raja mengontrol wilayahnya yang sedemikian luas itu yang turut digunakan oleh para pedagang sehingga dari segi ekonomi Persia maju luar biasa.

Persia Pengaruhi Perkembangan Bahasa Inggris

Ini dia yang menjadi bagian dari kehebatan bangsa Persia. Ya, peradaban bangsa Persia turut andil besar dalam perkembangan bahasa Inggris.

Banyak kosa kata bahasa Inggris yang yang diserap dari Bahasa Persia. Di antaranya "Dokhtar" (Daughter-Inggris), "Hashasheen" (Assassin-Inggris), "Balakhana" (Balcony-Inggris), dan kata "Shah Mat" (Checkmate-Inggris). Bahkan, diperkirakan ada ratusan lebih kata dalam bahasa Inggris yang diserap dari bahasa Persia.

Perintis Era Mata-Mata (Spionase)

Kehebatan lain dari Persia ialah menciptakan agen mata-mata (spionase). Inovasi ini yang lantas ditiru oleh bangsa lain di dunia hingga saat ini. Penggunaan mata-mata tersebut bertujuan menjaga stabilitas negara.

Sekadar diketahui, Persia memiliki wilayah yang dibagi menjadi 20 bagian dan masing-masing dipimpin oleh gubernur. Tugas gubernur itu salah satunya membayar upeti kepada raja.

Dari situlah para agen intelijen itu lantas dipekerjakan. Mereka bertugas secara "senyap" mengawasi perputaran uang di tangan gubernur. Setelah itu, menyelidiki apakah pajak yang diberikan sudah sesuai atau malah dikurangi. [yy/okezone]