7 Rajab 1444  |  Minggu 29 Januari 2023

basmalah.png

Nigeria Pernah Disinggahi Para Sahabat

Nigeria Pernah Disinggahi Para Sahabat

Fiqhislam.com - Pada 47 Hijtiyah (670 M) pusat pengetahuan dan dakwah yang megah telah dikenal sebagai kota Qayrawaan. Syekh Abdullaah bin Fudi menulis, Sesungguhnya masuknya Islam ke Barat.

Afrika Barat berada di abad pertama Hijrah (dari Nabi SAW) di tangan Sahabat Uqbah bin Nafi. Dia datang ke salah satu suku Rum dan mengajak mereka memeluk Islam.

Dakwah mereka diterima tanpa pertempuran. Uqbah menikahi putri raja itu namanya adalah Baj Mong yang darinya dia memiliki anak-anak yang dibesarkan di tanah ibu mereka dan berbicara bahasa ayah mereka.

Intelektual Islam, Muhammad Naasir al-Mukhtaar menjelaskan bahwa penulis buku Atsarul Bilaad mengatakan bahwa Uqbah datang ke Kota Kwara. Mereka biasa menyebut Kwara sebagai kwwaar.

Uqbah dikenal pandai berdiplomasi dengan raja-raja sekitar. Dia meninggal dalam perjalanan kembali ke Qayrawaan.Di tangan Uqbah, beberapa bagian utara Nigeria serta ujung bagian barat dayanya menerima Islam secara langsung di zaman para sahabat yang mulia.

Bagian penting dari fase kedua dari Islam di Nigeria adalah ketika Yahya Abdullah bin Hasan al Musanna bin hasan bin Ali bin Abi Thalib dan pengikutnya tiba di Yan Doto, kota kuno antara Chafe dan Gusau. Di sana, Yahya mendirikan sebuah komunitas Islam pada tahun 180 H (sekitar tahun 781 M) mengambil keputusan hukum berda sarkan mahzab Imam Maalik bin Anas.

Dia telah menulis beberapa bait puisi (sekitar 146 bait) tentang zuhud. Murid- muridnya dan orang-orang lain dalam rombongannya mengajarkan kepada orang- orang tentang Islam. Ketika itu, Yan Doto menjadi pusat pembelajaran yang besar.

Beberapa catatan menyebutkan Islam kembali menyebar pada abad ke-5 H di Kerajaan Songhai, Mali dan Ashanti.Kerajaan Ashanti di Ghana dikenal sebagai pusat emas dan merupakan salah satu pusat perdagangan utama untuk rute Afrika kuno yang terkenal. Kerajaan ini termasuk Ghana, Mali, Mauritania dan Senegal.

Perdagangan ini, ditambah dengan benih yang ditaburkan oleh gelombang pertama, akhirnya membawa kehadiran Islam yang kuat ke dalam kerajaan. Hal ini diperkuat dengan hadirnya beberapa ulama dan pusat pembelajaran Islam.

Negeri Bilad Sudan

Nigeria memiliki populasi 140 juta orang. Lebih dari 75 juta orang di antaranya adalah Muslim. Dengan populasi tersebut, Nigeria menempati urutan kelima negara dengan populasi Muslim tertinggi setelah Indonesia, India, Pakistan dan Bangladesh.

Negeri ini diapit oleh tanah Dahomey yang sekarang menjadi Republik Benin. Ini merupakan ujung timur Kerajaan Songhai kuno di barat dan Kamerun di sebelah timur. Nigeria adalah wilayah dengan luas sekitar 923.768 km persegi.

Nama negara ini berasal dari sungai terpanjang di benua Afrika, Niger. Nigeria berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik. Sebelah selatannya berbatasan dengan Republik Niger yang berjalan sejauh 1. 497 kilometer. Sedangkan sebelah utara berbatasan dengan Chad.

Negara yang dikenal sebagai Nigeria hari ini adalah bagian dari wilayah yang umumnya dikenal di era Islam dulu sebagai negeri Sudan (Bilad Sudan). Negeri ini memiliki kota-kota seperti Katsina, Kano, dan Sokoto, yang dulu dipengaruhi oleh kerajaan-kerajaan besar Afrika Barat sebelumnya seperti Ashanti [Ghana], Songhai dan Malian.

Ada juga Kerajaan Kanem Bornu yang budaya dan peradabannya melampaui batas Nigeria sekarang. Di sebelah barat dan timur laut Nigeria adalah kerajaan yang luas terkenal, dan mereka memiliki dampak signifikan terhadap peradaban dan pertumbuhan negara-negara bagian Nigeria yang berdampingan.

Sejarah mencatat bahwa perdagangan terjadi antara Afrika Utara dan Afrika Barat. Ada jalur perdagangan yang terkenal dengan asal Maroko, Libya, Tarblus, Tunis, dan Mesir, yang menghubungkan berbagai kota pusat perdagangan dari berbagai kerajaan.

Sementara pedagang dari arah Barat, seperti Afrika Utara membawa sutra, pelana, garam, pedang, bahan tekstil un tuk dijual, dan lainnya. Mereka mem beli emas, kulit, kulit, gading, dan bu dak, dari rekan-rekan Afrika Barat. Rute perdagangan ini menjadi sangat berguna dalam penyebaran Islam di wilayah ini. [yy/republika]