18 Dzulhijjah 1442  |  Rabu 28 Juli 2021

basmalah.png

Museum Belanda Tampilkan Kehidupan Mualaf

Museum Belanda Tampilkan Kehidupan Mualaf

Fiqhislam.com - Sebuah pameran yang baru-baru ini diadakan di Museum Amsterdam, di Belanda menampilkan sesuatu yang berbeda, yakni kehidupan spiritual orang yang baru memeluk Islam (mualaf).

Ide pameran yang dilaksanakan mulai 11 April hingga 29 Juni mendatang itu berasal dari antropolog Vanessa Vroon-Najem, seorang mualaf sejak 1996.

Pameran yang bertema ‘Perubahan: Menjadi Muslim dan Seorang Muslim’ itu menampilkan informasi perihal kehidupan yang lebih baik para Muslim di Belanda.

Jumlah Muslim di Belanda juga terus mengalami peningkatan dan saat ini mencapai 15 ribu lebih. Pameran tersebut menampilkan foto kehidupan para Muslim di Belanda.

Vroon-Najem mengatakan, pameran ini juga bertujuan untuk menampilkan wajah reguler Muslim di Belanda, bukan radikalisme agama dan kekerasan seperti sering terlihat di media.

Pameran Amsterdam itu juga bertujuan untuk memperluas pengetahuan tentang perkembangan sosial, mengatasi prasangka dan menyisihkan stereotip pengunjung mengenai gambaran Muslim dan mualaf.

“Dia (Vroon-Najem) ingin memberikan pandangan baru yang objektif tentang Muslim dan bagaimana mereka menggabungkan ibadah dalam kehidupan sehari-hari, " ujar salah seorang anggota Platform Nasional untuk Muslim Baru, Steenvoorden, seperti dilansir Onislam, Ahad (18/5). [yy/republika.co.id]