10 Muharram 1444  |  Senin 08 Agustus 2022

basmalah.png

Vanessa Jadi Muslimah di Concepcion Chile Ditengah Keberagaman

Vanessa Jadi Muslimah di Concepcion Chile Ditengah Keberagaman

Fiqhislam.com - Selain Santiago dan Temuco, tim Jazirah Islam juga menginjakan kaki di Concepcion.  Kota terpadat kedua setelah Santiago dan menjadi wilayah penting pelabuhan serta industri di Chile. Ada 370 ribu penduduk yang bermukim di sini, dengan jumlah muslim kurang dari 30 orang.

Tim Jazirah Islam berkesempatan berjumpa dengan salah seorang muslimah asli Chile, Vanessa Rivera de La Fuente. Ia terpikat dengan Islam setelah memahami konsep Allah yang Esa.

“Saya tahu Islam pertama kali dari media massa. Dan saya sempat memiliki prasangka buruk atas Islam. Kemudian saya kuliah dan mulai mengenal Islam yang sesungguhnya. Saya jatuh cinta dengan konsep tauhid, tiada Tuhan selain Allah.  Dan juga hubungan pencipta dengan hamba-Nya," ucap Vanessa.

Beruntung keluarga tidak menentang keputusan Vanessa. Meski mereka adalah non muslim.

“Memiliki anggota keluarga muslim tidak menjadi masalah bagi saya, karena saya mendidik anak-anak yang memiliki pikiran terbuka," tambahnya.

Meski Vanessa dididik dalam lingkungan non muslim tapi ia bebas menentukan jalan hidupnya. Ayah Vanessa, Sergio tidak merasa khawatir dan melarang pilihan hidup Vanessa,

"Saya tidak merasakan kekhawatiran sedikitpun meski sering mendengar berita dan prasangka buruk tentang Islam, karena itu lebih menjurus pada masalah politik dibanding soal agama. Selama Vanessa bahagia dengan pilihannya, saya juga merasa bahagia," ujar Sergio.

Vanessa sangat bersyukur dengan keadannya karena tidak banyak keluarga yang menerima pilihan anaknya untuk berpindah agama. Kebanyakan dari mereka mengasingkan atau menolak  keras. Suasana harmonis senantiasa terbangun dan mereka menghormati pilihan satu sama lain.

Kini mantan jurnalis ini banyak mencurahkan waktunya  untuk menulis artikel  atau membuat workshop seputar Islam  dan pemberdayaan perempuan. Adalah tanggung jawabnya sebagai muslim, tidak hanya menjalankan ajaran Allah tapi juga menyuarakan kebenaran tentang Islam.Seperti yang ia maknai dalam ayat Alquran yang pertama kali turun, "Iqra'" atau bacalah. [yy/news.detik]