5 Jumadil-Awwal 1444  |  Selasa 29 Nopember 2022

basmalah.png

Reza Rahadian Memilih Islam Walau Berbeda Keyakinan dengan Sang Ibu

Reza Rahadian Memilih Islam Walau Berbeda Keyakinan dengan Sang Ibu

Fiqhislam.com - Aktor Reza Rahadian sejak kecil tumbuh dan dibesarkan dalam keluarga nasrani, namun seiring berjalannya waktu Reza akhirnya memutuskan menjadi mualaf dan memilih Islam.Cerita perjalanan spritualnya hingga menemukan kedamaian dalam Islam ia ungkapkan dalam channel Youtube Daniel Mananta .

“Gue merasa kekuatan spiritual seseorang itu berbeda dengan bagaimana dia menjalankan agamanya, jadi gue ngga bisa bilang sudah menjalankan ajaran agama gue dengan baik dengan yang seharusnya. Solat yang mungkin bolongnya banyak itu adalah definisi gue ketika gue berbicara tentang agama yang gue yakini,” papar Reza.

Dalam menjalankan ibadah, ia juga mengaku masih banyak kekurangan dan masih harus terus belajar. “Tapi dari sisi spiritual itu dimana gue meyakini bahwa sepertinya gue juga boleh kok menjalankan sisi lain tentang pola gue berkomunikasi dengan Allah,” ucap Reza.

Menurutnya, itulah letak spiritualitas dalam dirinya yaitu bagaimana dia menjalani kesehariannya berdasarkan hal tersebut dan menjalani tidak hanya untuk diri sendiri. “Agama semua mengajarkan yang baik, gue juga ngga bisa judge orang lain misalkan ada yang solatnya kurang rajin, gue ngga berani,”

Ia menuturkan bahwa transisi dia sebagai muslim pun tidak karena alasan apapun selain keyakinan adanya dialog dengan tuhan. “Dan gue mgga tahu cara mengekspresikannya secara jelas, dibesarkan secara nasrani, gue dari kecil sekolah minggu. Dan nilai-nilai itu ada dalam diri gue,” terang Reza.

“Tapi begitu gue meyakini keyakinan kok panggilan gue kesana, gue bersyukur karena bukan alasan apapun, kerjaan bukan, atau paksaan orang terdekat,” tambahnya.

Saat memutuskan menjadi mualaf, Reza pun berbicara langsung kepada sang ibu dan ditanggapi secara positif dimana sang ibu mendukung dan meminta Reza menjalaninya dengan baik.

“Udah ngga ada perdebatan, ngga ada pertengkaran, hubungan sama nyokap baik-baik aja, adik gue masih nasrani dan kita bisa hidup bahagia bersama,” ujar Aktor berusia 34 tahun ini. [yy/sindonews]

 

Reza Rahadian Memilih Islam Walau Berbeda Keyakinan dengan Sang Ibu

Fiqhislam.com - Aktor Reza Rahadian sejak kecil tumbuh dan dibesarkan dalam keluarga nasrani, namun seiring berjalannya waktu Reza akhirnya memutuskan menjadi mualaf dan memilih Islam.Cerita perjalanan spritualnya hingga menemukan kedamaian dalam Islam ia ungkapkan dalam channel Youtube Daniel Mananta .

“Gue merasa kekuatan spiritual seseorang itu berbeda dengan bagaimana dia menjalankan agamanya, jadi gue ngga bisa bilang sudah menjalankan ajaran agama gue dengan baik dengan yang seharusnya. Solat yang mungkin bolongnya banyak itu adalah definisi gue ketika gue berbicara tentang agama yang gue yakini,” papar Reza.

Dalam menjalankan ibadah, ia juga mengaku masih banyak kekurangan dan masih harus terus belajar. “Tapi dari sisi spiritual itu dimana gue meyakini bahwa sepertinya gue juga boleh kok menjalankan sisi lain tentang pola gue berkomunikasi dengan Allah,” ucap Reza.

Menurutnya, itulah letak spiritualitas dalam dirinya yaitu bagaimana dia menjalani kesehariannya berdasarkan hal tersebut dan menjalani tidak hanya untuk diri sendiri. “Agama semua mengajarkan yang baik, gue juga ngga bisa judge orang lain misalkan ada yang solatnya kurang rajin, gue ngga berani,”

Ia menuturkan bahwa transisi dia sebagai muslim pun tidak karena alasan apapun selain keyakinan adanya dialog dengan tuhan. “Dan gue mgga tahu cara mengekspresikannya secara jelas, dibesarkan secara nasrani, gue dari kecil sekolah minggu. Dan nilai-nilai itu ada dalam diri gue,” terang Reza.

“Tapi begitu gue meyakini keyakinan kok panggilan gue kesana, gue bersyukur karena bukan alasan apapun, kerjaan bukan, atau paksaan orang terdekat,” tambahnya.

Saat memutuskan menjadi mualaf, Reza pun berbicara langsung kepada sang ibu dan ditanggapi secara positif dimana sang ibu mendukung dan meminta Reza menjalaninya dengan baik.

“Udah ngga ada perdebatan, ngga ada pertengkaran, hubungan sama nyokap baik-baik aja, adik gue masih nasrani dan kita bisa hidup bahagia bersama,” ujar Aktor berusia 34 tahun ini. [yy/sindonews]

 

Demi Temukan Ayah

Demi Temukan Ayah, Reza Rahadian Ingin Datangi Kantor Kedutaan Iran


Fiqhislam.com - Latar belakang kehidupan Reza Rahadian belakangan ini mulai terbongkar, Bunda. Tak hanya soal agama yang diyakininya, namun juga soal keluarga, khususnya sang ayah yang telah lama meninggalkannya.

Sebelumnya, Reza Rahadian mengaku bahwa sang ayah pergi saat dirinya masih bayi. Sejak saat itu, keduanya pun tak lagi pernah bertemu.

Sejak saat itu, Reza yang selalu ditanya mengenai sosok ayahnya pun selalu menjawab hal yang sama. Katanya, sang ayah sudah meninggal.

"Gue pernah ngomong bokap gue meninggal saat gue kecil. Itu karena gue nggak tahu mesti ngomong apa."

"Itu supaya orang nggak terus-terusan tanya tentang itu," beber Reza Rahadian, dikutip dari kanal YouTube Daniel Mananta Network.

Meski selama 34 tahun hidup tanpa sosok ayah dan menganggapnya telah tiada, nyatanya aktor kebanggaan Tanah Air ini pernah mencoba untuk mencari keberadaan sang ayah lho, Bunda.

Reza mengungkapkan bahwa dirinya sempat berkeinginan mencari sang ayah ke kantor kedutaan. Untuk diketahui, sang ayah merupakan warga negara Iran.

"Udah pernah coba ke Iran mungkin, tiba-tiba ketemu bokap?" tanya Daniel bercanda pada Reza.

"Gue pernah kepikiran sampe gue akan ke kedutaan Iran, gue enggak tau itu ada apa enggak di Indonesia tapi setahu gue ada," jawab Reza.

"Gue mau cari nama ini, kira-kira masih ada enggak, minimal gue tau lah masih hidup atau tidak," sambungnya.

Dengan berbekal nama saja, Reza pun kemudian iseng mencari-cari. Namun sayangnya, nama sang ayah termasuk pasaran. Selain itu, wajah-wajah yang muncul pun terlihat mirip dengan satu sama lainnya, sehingga tak dapat ia identifikasi dengan pasti.

"Tapi setelah searching, iseng-iseng, nama itu banyak banget, nama bokap gue itu banyak banget, dan mukanya hampir sama rata-rata."

"Mungkin ini bapak gua, mungkin ini, bukan lagi mungkin ini. Gue agak bingung. Mereka semua kelihatan mirip." ungkapnya.

Walau begitu, Reza mengakui bahwa dirinya memang masih ingin bertemu dengan sang ayah. Pemeran film Habibie & Ainun itu ingin mengetahui soal keberadaan sang ayah.

Dalam hati, Reza mengaku tak ada perasaan marah ataupun benci pada ayahnya. Walaupun sebelumnya dirinya mungkin sempat mengalami kekecewaan karena ditinggal sejak bayi.

"Tapi kalo gue sih, jika suatu hari, balik lagi ya kalo Allah mengizinkan gue ketemu sama bokap akan bahagia. Gue rasa gue akan menyambut dengan baik karena gue enggak punya lagi kemarahan, benci, dan lain-lain," ujar Reza.

"Gue cuma pengin dia tau bahwa anaknya baik-baik aja, nyokap gue baik-baik aja. Itu aja," lanjutnya.

Tak hanya soal ayah, Reza Rahadian juga mengungkap soal perbedaan kepercayaan antara dirinya dengan sang ibunda, Pratiwi Widantini Matulessy.

Pria kelahiran Bogor itu juga berbagi cerita mengenai reaksi ibundanya saat tahu dirinya memilih berpindah agama menjadi seorang Muslim.

Untuk Bunda ketahui, Reza Rahadian merupakan sosok yang lahir dari orang tua beda agama. Ayahnya diketahui beragama Islam, sedangkan ibundanya memeluk Kristen.

Memilih agama Islam, Reza akui murni atas kemauannya, Bunda. Ia membantah bahwa ada paksaan di balik hal keputusan yang ia ambil tersebut.

"Tapi begitu gue meyakini panggilan gue ke sana (Islam), gue bersyukur itu bukan karena alasan apapun," ungkap Reza Rahadian.

"Kerjaan bukan, pasangan bukan, orang sekitar mungkin mengajak, enggak sama sekali. Itu merupakan komunikasi dengan yang di Atas," lanjutnya.

Ada hal menarik yang Reza ceritakan soal pilihan agamanya tersebut, Bunda. Saat ia memberi tahu mengenai keputusan memilih Islam, ibundanya memberikan pesan.

Sebagaimana yang Reza ungkap, ibundanya ingin agar anaknya tersebut menjalani kepercayaan yang dipilih dengan sebaik mungkin. Selain itu, ia juga berpesan agar hubungan keduanya tetap baik-baik saja meski telah berbeda pandangan soal keimanan.

"Dan juga komunikasi ke nyokap gue. 'Ma, kayaknya kakak punya...' belum selesai ngomong, nyokap gue sudah gini, 'Kak, you know what. Tuhan kamu itu menentukannya. Pesan mama cuma satu, jalani itu dan yakini itu dengan baik'," tuturnya.

"Enggak ada perdebatan, hubungan sama nyokap baik-baik saja. Enggak ada yang berubah. Kita bisa hidup bahagia bersama dalam artian menjalankan agama masing-masing," kata aktor berusia 34 tahun itu.

Sebelum Reza Rahadian memutuskan untuk memilih mualaf dan memeluk agama Islam, ia mengaku bahwa selama hidupnya dibesarkan sebagai seorang umat Kristiani. Ketika ayahnya pergi, Reza dibesarkan oleh ibundanya seorang diri mengikuti agama yang ia peluk.

Dengan begitu, Reza Rahadian mengaku bahwa ajaran agama Kristen masih melekat di dalam dirinya. Dahulu, ia bahkan rajin mengikuti ibadah di Gereja tiap Minggu.

"Dibesarkan sebagai Nasrani dong. Gue dari kecil sekolah Minggu. Glenn Fredly adalah salah satu guru gue di sekolah Minggu gereja waktu itu," kenang Reza.

"Jadi, gue dibesarkan sebagai Kristiani. Dan nilai-nilai itu ada di dalam diri gue. Gue sampai SMP sekolah (Kristen) di Kalimantan," lanjutnya.

Lebih lanjut, Reza juga bercerita soal pengalaman dan bentuk spiritual setiap orang yang berbeda-beda. Meski ia enggan disebut sebagai seorang yang religius, namun ia merasa dapat berkomunikasi dengan Tuhan lho, Bunda.

"Rasa spiritual itu kan berbeda dari cara menjalankan agama, gue rasa itu beda," katanya.

"Gue enggak bisa bilang gue sudah menjalankan agama gua dengan baik. Dari sisi spiritual, gue percaya sepertinya gue boleh menjalankan berkomunikasi dengan Allah, universe, Sang Pencipta," sambungnya dengan serius.

Kini dengan perbedaan yang keluarganya miliki, Reza mengaku hidup rukun dan toleransi dalam beragama. Ia bahkan menyatakan apabila sedang melaksanakan salat di rumah, ibunya juga bisa berdoa di tempat yang sama dengan dirinya. [yy/haibunda]