19 Muharram 1444  |  Rabu 17 Agustus 2022

basmalah.png

Steve Warga AS Jadi Mualaf Dibimbing Imam Masjidil Haram Syekh Al-Sudais

Steve Warga AS Jadi Mualaf Dibimbing Imam Masjidil Haram Syekh Al-Sudais

Fiqhislam.com - Seorang warga negara Amerika Serikat memutuskan untuk memeluk agama Islam saat berwisata di Arab Saudi. Dia terkesan dengan kebaikan dan kepedulian warga Arab Saudi yang mayoritas muslim.

Pria Amerika Serikat bernama Steve memeluk islam dibimbing langsung oleh Imam Besar Masjidil Haram, Sheikh Dr Abdur-Rahman Al-Sudais. Steve mengucapkan syahadat mengikuti ucapan Al-Sudais. Dia pun mengungkapkan kegembiraan serta rasa syukur menjadi seorang muslim.

"Steve sekarang saudara kandung dalam Islam," kata Al-Sudais dikutip dari The Nation, Minggu (9/9/2020).

Steve mengatakan dia terkesan dengan Islam yang mengedepankan kebaikan, toleransi, serta perdamaian pada orang dengan keyakinan berbeda. Datang ke Arab Saudi karena bekerja di sektor pariwisata, Steve bercerita pertama kali dia berkenalan dengan Al-Sudais.

Pria Amerika kebetulan tinggal tak jauh dari kediaman Sheikh Al-Sudais di kota Abha. Dalam beberapa kesempatan, penerjemah Sheikh Al-Sudais bernama Saad Al-Matrafi memberi dia air Zamzam, kopi Arab dan kurma sebagai hadiah dari Sheikh Al-Sudais.

Steve terkejut dengan pemberian tersebut lalu menanyakan alasannya. Al-Matrafu kemudian menjelaskan bahwa Islam mengajarkan berbuat baik pada tetangga. Terlebih lagi, selama beberapa pertemuan dengan Steve, dia tahu warga AS itu sudah banyak membaca literatur tentang Islam dan Muslim.

"Steve menunjukkan ketertarikan untuk mengetahui lebih banyak tentang Islam dan terus membaca buku-buku tentang ajaran Islam," kata Al-Matrafi.

Al-Matrafi kemudian menceritakan perbincangannya dengan Steve kepada Shiekh Al-Sudais. Mereka bertiga kemudian bertemu, dalam kesempatan tersebut Sheikh Al-Sudais menceritakan kepada Steve kebaikan Nabi Muhammad SAW kepada tetangganya seorang perempuan Yahudi.

"Nabi kita tercinta memiliki seorang tetangga Yahudi yang biasa melempar sampah padanya. Bukannya marah, Nabi Muhammad menunjukkan kebaikan. Saat Nabi tahu suatu hari tetangganya sakit, dia mengunjungi tetangganya itu. Ini salah satu pelajaran hidup tak ternilai bagi kita semua tentang hak tetangga kita," kata Sheikh Al-Sudais.

Pertemuan dengan Sheikh Al-Sudais itulah yang kemudian membuka jalan bagi Steve memeluk Islam. Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat, Sheikh Al-Sudais memberi hadian lainnya bagi Steve yakni mengundangnya melaksanakan Umrah di Mekah dan mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah.

"Steve sangat dipenuhi kebahagiaan sehingga dia tidak dapat menahan air matanya," ucap Al-Matrafi

"Ajaran Islam tentang keadilan, toleransi, kasih sayang dan kebaikan sangat mengesankan saya," ujar Steve. [yy/iNews]