14 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 21 Oktober 2021

basmalah.png

Tifatul Sembiring: Mengutip Hadits Nabi Hate Speech?

Tifatul Sembiring: Mengutip Hadits Nabi Hate Speech?Fiqhislam.com - Mantan presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring pada Jumat (26/2) siang membuat heboh lini masa. Itu setelah kicauannya di akun Twitter, ‏@tifsembiring, tentang hadis yang menyinggung homoseksual (kaum Nabi Luth) menunai kecaman dari publik. Tifatul mengutip hadis, siapa yang mengerjakan perbuatan kaum Luth, maka bunuhlah.

Sontak saja, banyak yang geram dengan tweet mantan menteri komunikasi dan informatika itu. Produser Joko Anwar yang selama ini selalu mendukung komunitas LGBT menilai, tindakan Tifatul yang mengutip hadis itu sebagai bentuk ujaran kebencian. Joko pun berupaya melaporkan Tifatul ke Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan Divisi Humas Mabes Polri. "Laporin sekali lagi ke @TwitterID, @jokowi @DivHumasPolri @HaitiBadrodin hate spech berbahaya @tifsembiring," katanya melalui @jokoanwar.

Tifatul pun membalas Joko dengan menulis, "Mengutip hadits Nabi saw, hate speech ?...opo sik mas...!!"

Mendapati kicauannya menimbulkan kontroversi, Tifatul akhirnya memilih menghapus statusnya itu. Dia pun menulis status, "He3x, para pendukung Homoseks dan penentang Nabi saw dan Al-qur'an buka suara. Para pendukung Al-Haq membisu...:D." [yy/republika]

Soal Homoseksual, Joko Anwar Ancam Polisikan Tifatul Sembiring

Mantan presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring pada Jumat (26/2) siang membuat heboh lini masa. Itu setelah kicauannya dalam akun Twitter, ‏@tifsembiring, tentang hadis yang menyinggung homoseksual (kaum Nabi Luth) menunai kecaman dari publik. Tifatul mengutip hadis, siapa yang mengerjakan perbuatan kaum Luth, maka bunuhlah.

Sontak saja, banyak yang geram dengan tweet mantan menteri komunikasi dan informatika itu. Produser Joko Anwar yang selama ini selalu mendukung komunitas LGBT menilai, tindakan Tifatul yang mengutip hadis itu sebagai bentuk ujaran kebencian.

Joko pun berupaya melaporkan Tifatul ke Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan Divisi Humas Mabes Polri. "Laporin sekali lagi ke @TwitterID, @jokowi @DivHumasPolri @HaitiBadrodin hate spech berbahaya @tifsembiring," katanya melalui @jokoanwar.

Pun, dengan aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL) Akhmad Sahal ikut mengkritik Tifatul yang mengutip hadis itu. Sahal pun membuat serial kicauan untuk membantah argumen Tifatul. "58. Pake satu dua hadist utk vonis hukum pidana semacam ini bukan hanya tanpa ilmu, tp juga tampilkan islam yg brutal, yg meng-ISIS," katanya melalui akun ‏@sahaL_AS, untuk membalas argumen Tifatul.

Mendapati kicauannya menimbulkan kontroversi, Tifatul akhirnya memilih menghapus statusnya itu. Dia pun menulis status, "He3x, para pendukung Homoseks dan penentang Nabi saw dan Al-qur'an buka suara. Para pendukung Al-Haq membisu...:D." [yy/republika]

Sutradara Pembela LGBT Ini Tuding Hadits Rasul SAW Yang Dikutip Tifatul Sebagai ‘Hate Speech’

Mantan Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring menjadi sorotan di lini massa twitter. Kicauannya tentang hadits soal larangan perilaku LGBT menjadi trending topic.

“RenunganJumat:.. yang berbuat dan pasangannya dan siapa yg menyetubuhi binatang maka bunuhlah dia dan binatang itu ~ HR. Ahmad,” kicau Tifatul seperti dikutip dari @tifsembiring, Jumat (26/2/2016).

Kicauan ini mendapat tanggapan beragam dari netizen. Ada yang menolak keras, namun tak sedikit yang mendukung. Salah satu yang menolak adalah sutradara ternama Joko Anwar. Joko bahkan menuding Tifatul menyebarkan hate speech.

“Hai @tifsembiring, selamat akan tersangkut hate speech. Silahkan telat pil anda sendiri. Salam. ” cuit Joko Anwar dengan mencantumkan surat edaran kapolri soal hate speech.

Tifatul kemudian menjawab tudingan Joko. Tifatul merasa kebingungan dengan tudingan tersebut.

“Mengutip hadits Nabi saw, hate speech ?…opo sik mas…!! ” jawab politisi PKS ini.

Tifatul juga mendapat dukungan dari followernya.

“kalau kalian menganggap isi Al Quran yg disampaikan o/ pak @tifsembiring sebagai “Hate Speech”. jangan mengaku sebagai seorang Muslim,” bela pemilik akun @giawola.

Sementara itu Ahmad Sahal, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Amerika Serikat turut berkomentar soal kicauan Tifatul tersebut. Dengan akun @sahaL_AS, dia membuat kultwit panjang membantah hadist dan menuding Tifatul ISIS.

“Kalo Pak @tifsembiring hanya pake hadits itu saja, mengabaikan ushul fiqh/ qaidah fiqh, pertanyaan saya: pengen ya ISIS berkuasa di RI?” kata Sahal.

Tifatul menjawab tudingan Sahal. Tifatul protes kicauannya tersebut dikaitkan dengan ISIS.

“Diskusi hadits ini tdk hubungannya dg ISIS, saya tdk setuju dg anda, bhw hadits Sahih itu tdk berasal dr Nabi saw…,” bantahnya.

Nama Tifatul, Tifatul Sembiring, Pak Tif dan Tiffie sempat menjadi trending topic di twitter. Isu ini menjadi bahasan panjang di media sosial sejak beberapa pekan terakhir. [yy/eramuslim]