22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

CariUstadz.id Ajak Dai Kembangkan Dakwah Digital

CariUstadz.id Ajak Dai Kembangkan Dakwah Digital

Fiqhislam.com - Platform digital CariUstadz.id bersama Pusat Studi Alquran (PSQ) Jakarta dan Organisasi Internasional Alimni Al Azhar (OIAA) Cabang Indonesia menggelar Annual Meeting of Islamic Dakwah (AMID) 2021 secara virtual pada Sabtu (20/11). Pimpinan CariUstadz.id, KH. Dr. Ali Nurdin mengatakan AMID 2021 merupakan bentuk komitmen dari platform CariUstadz.id untuk terus menyebarkan pemahaman Islam yang inklusif, menghargai perbedaan dan menjadi berkah bagi setiap orang.

Kiai Ali Nurdin mengatakan CariUstadz.id memiliki program prioritas untuk memberikan pelatihan bagi para ustaz sebagai upaya peningkatan keterampilan dalam dakwah, pemahaman nilai-nilai alquran, dan pemantapan prinsip wasathiyah.

Ini menjadi pertama kalinya bagi CariUstaz.id menyelenggarakan AMID. Menurut kiai Nurdin ketigatan tersebut akan terus diselenggarakan setiap tahunnya dengan mengangkat tema sesuai dengan dinamika dakwah di masyarakat. Sementara pada AMID 2021 mengangkat tema Dakwah Islam dan Perubahan Masyarakat Era Digital.

"Bahwa perkembangan dakwah digital butuh mendapat respon yang konstruktif dari para pendakwah dan media dakwah. Mereka memiliki peran strategis untuk menjadi katalisator yang dapat menengahi narasi keagamaan yang bergulir di masyarakat digital terutama pada media sosial yang jangkauan publiknya tidak terbatas. Oleh karena itu AMID hari ini kami inisiasi dengan beberapa pihak yang memiliki perhatian yang sama untuk meningkatkan keterampilan para pendakwah di Indonesia untuk bersinar di dunia digital, sehingga mampu membangun kapabilitas dan integritas dalam menempatkan diri sebaik baiknya sebagai pihak yang dapat memberikan pengaruh terhadap wacana keagamaan yang berkembang di masyarakat," kata Kiai Nurdin dalam pembukaan AMID 2021.

Karena itu, kiai Nurdin pun mengajak para pendakwah di seluruh Tanah Air untuk bergabung bersama CariUstaz.id dalam menjalankan misi menebarkan Islam yang rahmatan lil alamin. Pembukaan AMID 2021 juga dihadiri langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Sementara itu AMID 2021 diisi dengan halaqah dakwah. Di antara narasumber yang hadir adalah Prof. Quraish Shihab, KH. Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) dan KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha). [yy/ihram]