22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar Raih Rekor MURI Sebagai Penulis Kolom Terbanyak

Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar Raih Rekor MURI Sebagai Penulis Kolom Terbanyak

Fiqhislam.com - Imam besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar meraih rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) sebagai penulis kolom terbanyak secara berkesinambungan. Ia menyebut artikel sebagai teman hidupnya sejak S1.

"Saya mulai dari S1 dahulu, hidup dengan artikel. Sampai saat ini menjadi kebiasaan," kata Nasaruddin Umar dalam acara peluncuran bukunya di Hotel Grand Sahid, Jumat (5/11/2021) malam.

Founder Nasaruddin Umar Office (NUO) ini juga mengulas balik kisahnya semasa S1 secara singkat. Kala itu, ia biasa menyelesaikan artikel mulai dari jam 2 dini hari hingga 6 pagi.

"Bangun jam 2 setelah sholat menyelesaikan artikel sampai jam 6. Dan seterusnya," ujarnya.

Sebagai pemecah rekor MURI penulis kolom terbanyak secara berkesinambungan, Nasaruddin tercatat telah menghasilkan sebanyak 6 ribu artikel dalam kurun waktu 5 tahun.

"Saya juga baru diberi tahu. Artikel saya selama 5 tahun terakhir ini, ternyata sudah mencapai 6 ribu artikel," kata dia.

"Saya tidak sadar kalau sudah sampai sebanyak itu artikel yang saya tulis," tambahnya.

Meskipun memiliki hobi menulis yang tinggi, Nasaruddin juga membatasi dirinya untuk rehat sejenak ketika ia harus melakukan perjalanan ke luar kota atau pun luar negeri.

"Saya sehari menulis 12 halaman. Kalau ke luar kota atau ke luar negeri saya stop (berhenti)," tutur Nasaruddin.

Selain artikel, Nasaruddin juga masih produktif dalam menuangkan pemikirannya dalam bentuk buku. Untuk tahun ini, ulama tersebut berhasil menerbitkan 5 judul buku pada hari ini, Jumat (5/11/2021).

Judul-judul buku yang dirilis oleh Nasaruddin Umar di antaranya ada 'Menjalani Hidup Salikin', 'Menyelam Seluk-seluk Makrifat', 'Menelisik Hakikat Silaturahim', 'Memahami Al Quran di Masa Post Truth', dan 'Pemberdayaan Umat Berbasis Masjid'.

Beberapa tokoh nasional juga turut mengapresiasi mahakarya Nasaruddin tersebut. Mulai dari Mantan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri yang menghadiri kegiatan launching buku secara virtual.

Hingga dukungan secara langsung diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI (Menpolkumham) Mahfud MD hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. [yy/news.detik]