22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Pelaku Adzan Jihad di Majalengka, 2 Pelaku Divonis 6 Bulan Penjara

Pelaku Adzan Jihad di Majalengka, 2 Pelaku Divonis 6 Bulan Penjara

Fiqhislam.com - Dua terdakwa kasus adzan jihad di Majalengka, Anggi dan Fuad divonis 6 bulan penjara dan denda Rp2 juta. Hukuman tersebut dijatuhkan dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Majalengka, Jawa Barat yang dipimpin hakim ketua Kopsah, Selasa (26/11/2021).

Kendati demikian, keduanya tidak ditahan lantaran hukuman 6 bulan itu dikenakan sebagai hukaman percobaan.

"Putusan hukuman percobaan 6 bulan penjara, tanpa ditahan. Artinya ketika dalam satu tahun yang bersangkutan melakukan tindak pidana apapun, dan sudah ada putusan dari hakim, maka putusan itu (6 bulan) baru dijalankan," kata Kopsah.

Vonis tersebut dijatuhkan dengan merujuk pasal 45 A ayat 2 UU ITE. Beberapa hal, baik yang sifatnya meringankan maupun memberatkan menjadi pertimbangan hakim dalam menjatuhkan vonis.

Yang meringankan, terdakwa mengaku kesalahannya, merasa menyesal, sudah meminta maaf kepada masyarakat dan Sholat Taubat.

"Adapun hal yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat," kata dia.

Terpisah, putusan tersebut disambut baik oleh pihak terdakwa. Pengacara para terdakwa, Muhtar Efendi mengatakan putusan itu sudah memberi rasa adil kepada kliennya.

"Menurut kami bahwa putusan ini sudah memenuhi rasa keadilan. Divonis 6 bulan tanpa perintah dimasukkan ke tahanan negara. Dengan percobaan 1 tahun. Denda 2 juta. Dua-duanya (divonis) sama Sebelumnya berstatus sebagai tahanan kota," jelas dia.

Muhtar menilai, apa yang dilakukan kliennya dengan mengumandangkan adzan dan mengganti dengan lafaz jihad, tidak merugikan siapapun.

"Karena di satu sisi kita menyampaikan beberapa kali kepada pihak majelis maupun kejaksaan pada saat persidangan bahwa dalam hal ini tidak ada korban yang dirugikan," tandasnya.

Terpisah, guru dari para terdakwa, M Shodiqin menyambut baik vonis yang dijatuhkan kepada anak didiknya itu.

"Hari ini anak-anak kami yang tentang adzan jihad Anggi dan Fuad divonis oleh Pengadilan Negeri Majalengka. Putusannya 6 bulan. Kami haturkan terima kasih kepada kepolisian, kejaksaan, pengadilan," ujarnya. [yy/Inin Nastain/sindonews]

 

 

Tags: Adzan | Jihad | Majalengka