fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


4 Syawal 1442  |  Minggu 16 Mei 2021

Larang Jamaah Pakai Masker, Pihak Masjid Al Amanah Bekasi Sudah Pernah Ditegur

Larang Jamaah Pakai Masker, Pihak Masjid Al Amanah Bekasi Sudah Pernah Ditegur

Fiqhislam.com - Satgas Covid-19 di tingkat kecamatan ternyata pernah menegur pihak Masjid Al Amanah yang berlokasi di Jalan Kampung Tanah Apit RT 02 RW 09 Kelurahan Medan Satria Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi. Pengurus masjid ini melarang jamaah menggunakan masker saat shalat.

"Beberapa kali ada laporan, iya, dan selanjutnya kami monitoring dan melakukan teguran," kata Camat Medan Satria, Lia Erliani, kepada wartawan, Senin (3/5).

Sebelumnya, Lia mengatakan, pihak kecamatan maupun unsur tiga pilar sudah melakukan sosialisasi terus menerus agar protokol kesehatan dijalankan oleh warga. Bahkan, upaya lain yang dilakukan unsur tiga pilar untuk sosialisasi adalah dengan bergiliran melakukan shalat berjamaah di Masjid Al Amanah dengan protokol kesehatan.

"Kita menyampaikan dan setiap datang di lokasi tersebut melaksanakan prokes," terangnya.

Adapun, Masjid Al Amanah, Medan Satria, Kota Bekasi, menjadi perbincangan lantaran para pengurus masjid yang terdiri dari tiga orang mengusir seseorang beribadah dengan mengenakan masker. Pria itu menjawab, bahwa masjid ini adalah tempat umum.

Lalu, menggunakan masker juga sebagai upaya dalam mencegah penyebaran virus corona. "Ini tempat umum, saya cuma mau shalat. Saya ikutin aturan pemerintah harus pakai masker, laporin ke polisi aja nih," kata pria bernama Roni Oktavianto itu.

Pengurus masjid beralasan memiliki aturan sendiri terkait pelaksanaan shalat. Mereka menyebut larangan masker di Masjid karena tidak ingin menyamakan masjid dengan pasar.

Atas kejadian viral dan adanya laporan kepada kepolisian ini, ke depannya pihak masjid tidak akan melarang lagi penggunaan masker di dalam Masjid karena merupakan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam menanggulangi Pandemi Covid-19. [yy/republika]