25 Dzulhijjah 1442  |  Rabu 04 Agustus 2021

basmalah.png

Viral Udin si Marbot Masjid Kini Jadi Profesor Ahli Robotik

Viral Udin si Marbot Masjid Kini Jadi Profesor Ahli Robotik

Fiqhislam.com - Udin, begitulah sapaannya dulu. Dengan lugas ia menyampaikan pidato pengukuhan dirinya sebagai guru besar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Udin, demikian Profesor Khairudin disapa, dikukuhkan sebagai Guru Besar di Bidang Ilmu Sistem Otomasi pada Fakultas Teknik oleh Rektor UNY Profesor Dr Sutrisna Wibawa MPd.

Kisah Profesor Khairudin ini viral di media sosial setelah ditulis Falasifah Ani Yuniarti di laman Facebook-nya pada Selasa 4 Agustus 2020 dengan judul 'UDIN dari MARBOT MASJID jadi PROFESOR'.

Udin sendiri memiliki perjalanan hidup yang panjang sebelum meraih predikat tertinggi di perguruan tinggi. Prof Khairudin yang lahir di Tegal pada 1979 dahulu adalah seorang marbot masjid.

Pada 1998, ia mencoba peruntungan ke Yogyakarta untuk menjadi mahasiswa UNY jurusan teknik elektro. Kehidupan yang pas-pasan membuatnya prihatin.

Ketika masa kuliah, Prof Khairudin tinggal dan mengurus Masjid Al Amin di Desa Condong Catur, Sleman, Yogyakarta. Selain membersihkan masjid, dia juga berjualan tempe setiap selepas subuh. Dengan mengayuh sepeda lawasnya, Prof Khairudin mengambil tempe mochlar dan mengantarnya ke para langganan.

Begitu selesai, ia kembali ke masjid untuk melakukan bersih-bersih. Setelah selesai, Prof Khairudin kemudian mengayuh sepedanya lagi menuju kampus yang berjarak 5 kilometer. Kadang sehabis Isya ia kembali mengantar tempe ke langganannya yang lain.

Prof Khairudin juga kerap kembali ke Masjid Al Alam di sela-sela jam perkuliahan untuk melantunkan azan Sholat Zuhur dan Ashar. Setelah itu ia kembali lagi ke kampus untuk belajar.

Sepulang kuliah, Prof Khairudin juga mengajar anak-anak mengaji di taman pendidikan Alquran (TPA). Puluhan anak belajar baca-tulis Alquran darinya. Tepuk anak salih dan lagu anak TPA pun diajarkan.

Setiap malam Jumat ada pengajian rutin dan Prof Khairudin yang menyiapkan segala sesuatunya. Sebagai marbot Masjid Al Alam, ia menyiapkan jamuan makanan dan minuman, membagikannya kepada jamaah yang hadir, kemudian setelah selesai membersihkan masjid, menggulung tikar, dan menyapu bagian dalam masjid.

Viral Udin si Marbot Masjid Kini Jadi Profesor Ahli Robotik

"Udin kini lulus dengan cumlaude dan meneruskan S2-nya di ITS. Dan kini di usia 41 tahun Beliau mendapat gelar profesor di usia yang tergolong muda. Keahliannya di dunia robotik juga sudah tidak diragukan lagi dengan banyaknya penelitian di bidang robotik," tulis akun Facebook Berbagi Semangat, sebagaimana dikutip Okezone, Rabu (12/8/2020).

Setelah menikah, Prof Khairudin tidak lagi tinggal di Desa Condong Catur. Menurut kabar, dia tinggal di daerah Bantul, dekat suatu makam di sana.

Selang beberapa tahun, ia kembali ke kampung dekat dengan masjid yang dulu dirawat. Namun, kali ini ia sudah menjadi dosen UNY dan sudah lulus S3. Kini Prof Khairudin sudah memiliki tiga anak.

"Kemarin berita itu viral (Udin dari Marbot Masjid Jadi Profesor), banyak yang tanya ke saya lewat WhatsApp, apa benar itu dosen UNY. Saya jawab superbenar," ungkap Rektor UNY Profesor Sutrisna Wibawa saat acara pengukuhan Profesor Khairudin sebagai Guru Besar di Bidang Ilmu Sistem Otomasi pada Fakultas Teknik. [yy/okezone]