fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


26 Ramadhan 1442  |  Sabtu 08 Mei 2021

MUI: Nikahsirri.com Langgar Prinsip Agama dan Negara

MUI: Nikahsirri.com Langgar Prinsip Agama dan Negara


Fiqhislam.com - Bisnis Nikahsirri.com diketahui menyediakan jasa untuk menikahkan pasangan secara rahasia. Salah satu tujuannya adalah menghindarkan seorang laki-laki dan perempuan agar tak terjerumus pada tindak perzinahan.

Namun, menurut Ketua Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia Masduki Baidowi, strategi tersebut hanyalah modus yang digunakan oleh Nikahsirri.com untuk menggaet para calon pelamar.

"Itu hanya kamuflase yang dilakukan oleh pihak itu," ungkap Masduki, dalam Metro Pagi Primetime, Senin 25 September 2017.

Masduki mengatakan prinsip dasar pernikahan dalam konteks beragama dan bernegara adalah keterbukaan. Setiap pernikahan harus tercatat dalam administrasi kenegaraan.

Hal ini untuk memastikan bahwa pernikahan yang dilakukan adalah sah dan anak-anak yang terlahir nantinya memiliki hak dalam segala hal. Termasuk dalam pendidikan dan pewarisan.

"Sementara Nikahsirri.com hanya menghindarkan zina, tidak bisa. Nikah bukan hanya itu, nikah punya misi suci salah satunya membuat keturunan yang baik," katanya.

Senada dengan Masduki, Wakil Ketua Komnas Perempuan Budi Wahyuni juga menyebut dengan nikah sirri mampu mengentaskan kemiskinan si calon mempelai perempuan hanyalah omong kosong.

Menurut Budi, ada banyak usaha produktif lain yang bisa dilakukan oleh perempuan untuk meningkatkan perekonomian. Yang perlu digarisbawahi hanya bagaimana proses pemberdayaan itu menjadi kebutuhan perempuan sendiri di tengah himpitan ekonomi.

"Karena diawali situasi yang tidak terbuka, upaya diskriminatif, penghakiman bahkan merendahkan perempuan bagaimana bisa memastikan bahwa itu bisa menghapuskan kemiskinan di antara perempuan. Bisa jadi justru sebaliknya," jelas Budi. [yy/mediaindonesia]