21 Dzulhijjah 1442  |  Sabtu 31 Juli 2021

basmalah.png

Dakwah Islam Belum Merata ke Penjuru Nusantara

Dakwah Islam Belum Merata ke Penjuru Nusantara


Fiqhislam.com - Dewan Pembina Cinta Qu’ran Foundation Ustaz Fatih Karim mengatakan, salah satu permasalahan serius yang dihadapi umat Islam di Indonesia adalah belum meratanya dakwah Islam ke seluruh penjuru nusantara. Masih banyak wilayah di tanah air yang belum tersentuh dakwah baik di perkotaan, apalagi di pelosok pedesaan.

"Penyebabnya karena belum tercukupinya dai yang siap berdakwah di berbagai medan termasuk pelosok. Ini memudahkan menyebarnya ajaran yang meresahkan termasuk paham radikalisme di masyarakat," kata Fatih dalam siaran persnya, Ahad, (11/6).

Guna meningkatkan jumlah dai yang siap berdakwah di mana saja, Ramadhan ini, ujar Fatih, pihaknya berinisiatif mendirikan Cinta Qur’an Center Tahfidz  dan Dai Institute. 

"Kami targetkan 10 ribu dai akan dididik lalu disebar ke seluruh Indonesia nantinya. Untuk tahap awal sekitar 400 santri dai dan peserta pendidikan Alquran akan digembleng disini," katanya.

Berlokasi di Bintaro, Tangerang Selatan,  Cinta Qur’an Center akan berdiri diatas tanah wakaf seluas 5.000 m2. Selain pesantren, juga tersedia gedung berlantai tiga yang dilengkapi perpustakaan digital, ruang serba guna, pusat kajian tafsir Alquran dan kajian Islam kontemporer. Pembangunannya ditargetkan rampung Ramadhan tahun depan. 

Setiap calon dai di Cinta Qur’an Center akan menempuh pendidikan 1,5 tahun. Mereka dididik untuk menghafal Quran, menguasai bahasa Arab, ilmu-ilmu keislaman, ilmu  manajemen modern dan komunikasi dakwah, serta dasar-dasar enterpreneurship.

"Seluruh santri akan dibebaskan dari biaya pendidikan. Mereka akan mendapatkan seluruh fasilitas penunjang yang mereka butuhkan,” terang Fatih.

Cinta Qur’an Center siap menampung putra-putri Muslim dari Sabang sampai Merauke. Setelah masa pendidikan selesai, mereka akan dikembalikan ke daerah masing-masing untuk mendidik umat dan menggemakan satu hati Indonesia cinta Quran. [yy/republika]



Tags: Dakwah