15 Jumadil-Akhir 1443  |  Selasa 18 Januari 2022

basmalah.png

DUNIA ISLAM

Masjid di Gaza yang Dihancurkan Israel Dibangun Kembali

Masjid di Gaza yang Dihancurkan Israel Dibangun Kembali

Fiqhislam.com - Turki memberikan bantuan sebesar 4,5 juta dolar AS untuk membangun masjid-masjid di kota Gaza yang sempat hancur oleh serangan Israel. Direktorat Departemen Agama Turki, akan membangun kembali sembilan masjid di Gaza yang hancur oleh serangan militer Israel setelah blokade yang dilakukan tahun lalu.

Wakil Ketua Direktorat Departemen Agama Turki, Hasan mengatakan Turki menggelontorkan 4,5 juta dolar AS. "1,2 juta diantaranya telah dicairkan," katanya dilansir kantor berita resmi Turki, Andadolu Agency, Kamis (3/12).

Yilmaz juga mengunjungi pembangunan rumah sakit persahabatan yang juga dibangun oleh pemerintah Turki senilai 34 juta dolar AS. Kementerian Keagamaan dan Wakaf Palestina mengkonfirmasi setidaknya 64 masjid hancur dan 150 lainnya rusak parah, selama blokade dan serangan tentara militer Israel tahun lalu.

Pada Agustus 1024 tentara Israel memblokade jalur Gaza selama tujuh minggu, atas tuduhan serangan roket pejuang Palestina. Blokade dan serangan milter Israel saat itu pun telah menewaskan lebih dari 2.150 warga Palestina dan melukai ribuan lainnya.

Serangan militer Israel tersebut telah meninggalkan beberapa sudut kota Gaza hanya meninggalkan puing-puing. Walaupun kini sebagian telah dibangun kembali. [yy/republika]