18 Safar 1443  |  Minggu 26 September 2021

basmalah.png

Masjid Bersejarah Utah Direnovasi

Masjid Bersejarah Utah Direnovasi

Fiqhislam.com - Komunitas Muslim Utah, Salt Lake City, Amerika Serikat, berencana membangun masjid baru. Dilansir dari The Salt Lake Tribune, Rabu (24/2), rumah ibadah tersebut didesain elegan dan akan menggantikan masjid tertua yang pernah dibangun di negara bagian tersebut. Mereka memproyeksikan bangunan hampir dua kali lipat masjid aslinya dengan ornamen dan gaya arsitektur khas Islam.

Masjid Al-Noor akan dirombak besar-besaran. Kontributor pembangunan mendesain masjid itu akan memiliki pintu masuk besar dengan kubah, halaman, jendela-jendela lebar, hingga penambahan air mancur serta menara-menara.
"Masjid ini akan menjadi landmark untuk Kota Salt Lake," ujar anggota Komunitas Islam Salt Lake, Abdul Afridi. Dia sekaligus berperan sebagai pengawas masjid Al-Noor.

Setelah perencanaan selama lima tahun, para pemimpin komunitas mendapatkan izin pembangunan. Dana yang dibutuhkan diperkirakan sejumlah 1,2 juta dollar untuk membangun kembali masjid tertua di Utah itu. Cetak biru pembangunan masjid tengah dievaluasi badan perencanaan kota untuk menunggu persetujuan. Sementara penggalangan dana pembangunan masih dilangsungkan.

Desain terbaru Masjid Al-Noor adalah karya arsitek Kimly Mangum. Mangum mendasari rancangannya dari masjid yang pertama kali dibangun di Inggris pada tahun 1889, Masjid Shah Jahan di Woking, London.

Wakil Presiden Komunitas Islam, Massod Ul-Hasan, menyatakan masjid tersebut membutuhkan lahan tambahan dan fasilitas lainnya. Hal itu penting untuk mengakomodasi semakin berkembangnya komunitas Muslim dan banyaknya pengunjung Muslim ke Utah. Sejak dibuka pertama kali pada 1980, jamaah yang beribadah di masjid itu meningkat pesat. [yy/republika]