4 Jumadil-Awal 1443  |  Rabu 08 Desember 2021

basmalah.png

Zdravko Tolimir Jenderal Serbia Pembantai Muslim Bosnia Meninggal di Bui

Zdravko Tolimir Jenderal Serbia Pembantai Muslim Bosnia Meninggal di BuiFiqhislam.com - Zdravko Tolimir, jenderal militer Serbia di Bosnia, terpidana penjara seumur hidup kasus kejahatan perang meninggal di Den Haag, Belanda, pada Senin malam (8/2/2016), kata juru bicara pengadilan seperti dilansir Reuters.

Tolimir, 67, saat perang di bekas negara Yogoslavia berkecamuk di awal tahun 1990-an, menjabat sebagai kepala dinas intelijen militer Serbia di Bosnia. Dia dinyatakan bersalah dalam dakwaan kejahatan perang terkait pembantaian 8.000 pria dan anak lelaki Muslim Bosnia di Srebrenica, yang merupakan genosida paling buruk di Eropa sejak Perang Dunia II. [yy/hidayatullah]

***

Ahli forensik telah menemukan kembali kuburan besar yang diyakini berisi sekitar 20 tulang belulang umat Muslim yang dipercayai dibantai oleh Serbia selama Perang Bosnia 1992-1995.

Kuburan itu ditemukan di wilayah Donja Tramosnja-Jankov, sekitar 150 kilometer barat laut ibukota, Sarajevo, kantor berita FENA melaporkan.

Bangsa para korban belum diungkapkan oleh para ahli forensik.

Tulang belulang yang diduga kuat korban pembantaian itu segera dipindahkan ke kota Sanski Most, di mana pemeriksaan forensik lebih lanjut diharapkan akan segera dimulai.

Perang Bosnia adalah konflik bersenjata internasional yang berlangsung antara bulan Maret 1992 hingga Nopember 1995. Perang ini melibatkan beberapa pihak termasuk Serbia, Croatia dan Bosnia.

Perang berakhir dengan ditandatanganinya Perjanjian Dayton pada tanggal 14 Disember 1995, yang mengakibatkan pembentukan Republika Srpska sebagai entiti di dalam Bosnia dan Herzegovina.

Konflik yang berlangsung selama empat-tahun tersebut didakwa telah menelan jiwa sebesar 100.000 jiwa lebih - sebahagian besar adalah umat Muslim - dan menyebabkan pengungsian sebesar 2.2 juta orang.