fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


30 Sya'ban 1442  |  Senin 12 April 2021

Mengenal Masjid Komunitas Muslim Indonesia di New York

Mengenal Masjid Komunitas Muslim Indonesia di New York

Fiqhislam.com - Meskipun mayoritas beragama non-muslim, ternyata di new York, Amerika Serikat terdapat sebuah masjid bernama Al-Hikmah Indonesia Muslim Community yang dikelola oleh Komunitas Muslim Indonesia di kota tersebut.
 
Masjid ini merupakan satu-satunya masjid yang dikelola oleh muslim Indonesia di New York City. Pembangunan masjid ini memperoleh dana yang dihimpun dari komunitas muslim di New York, para pengusaha muslim Indonesia dan donasi dari berbagai pihak termasuk dari Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila yayasan yang dipimpin mendiang Presiden Soeharto.
 
Masjid ini menjadi kunjungin favorit bagi muslim tanah air yang bersandang ke kota itu. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga terlibat dalam layanan komunitas dan sosial yang bersifat umum ditekankan kepada kaum muslimin dan tentusaja bagi Muslim Indonesia di New York.
 
Masjid ini juga sebagai sarana tempat pengajian serta memberikan pendidikan singkat agama islam untuk kanak-kanak dan generasi muda di kotanya. Masjid Al-Hikmah juga menawarkan sekolah hari Sabtu, untuk murid murid sekolah dasar dan SMP untuk memberi kesempatak kepada anak anak belajar tentang Islam.
 
Kurangnya pendidikan islam serta nilai islam dalam pendidikan putra-putri muslim yang berada di kota ini, menjadi motivasi dibangunnya Masjid Al-Hikmah. Hingga saat ini jumlah muridnya mencapai 100 orang dan beberapa muridnya bukan asal Indonesia.
 
Masjid ini juga sering dijadikan tempat berlangsungnya akad nikah, dialog antar agama, bazzar, tempat para jemaah menyelenggarakan sholat Ghaib bagi kerabat yang wafat di tempat yang jauh.
 
Masjid ini menjadi tempat dilaksanakannya hari raya Islam, Sholat Jum’at, pengajian bulanan, Buka puasa bersama di bulan Ramadhan, yasinan hingga tahlilan bagi kerabat anggota komunitas yang meninggal dunia.
 
Hal ini sangatlah penting mengingat kesadaran yang sudah mendarah daging bagi komunitas muslim Indonesia di New York sebagai tambatan tradisi dan semangat islam dalam ruang lingkup internasional. [yy/pelitaonline]