fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


7 Ramadhan 1442  |  Senin 19 April 2021

70.000 Quran Palsu Ditemukan di Arab Saudi Saat Penyelenggaraan Haji

70.000 Quran Palsu Ditemukan di Arab Saudi Saat Penyelenggaraan Haji

Fiqhislam.com - Pemerintah Arab Saudi berhasil mengamankan 70.000 Al Quran palsu yang beredar di tengah penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

Pemerintah Saudi mengatakan, puluhan ribu eksemplar Al Quran palsu itu ditemukan di dalam sebuah truk yang disetop di dekat desa Al Jamoom, Senin (21/09/2015). Lokasi Al Jamoom berada dekat dengan Mekkah.

Penemuan puluhan ribu Al Quran palsu itu menambah serangkaian tragedi yang terjadi di Saudi selama penyelenggaraan haji tahun ini. Sebelumnya, dua buah hotel terbakar—salah satunya dihuni jemaah asal Indonesia—menyebabkan enam orang terluka dan lebih dari 2.000 jemaah haji terpaksa dipindahkan ke hotel lain.

Beberapa waktu lalu, sebuah crane yang digunakan dalam proyek perluasan Masjidil Haram roboh akibat diterpa angin kencang menyebabkan lebih dari 100 jemaah haji meninggal dunia dan ratusan lainnya terluka.

Kerajaan Arab Saudi telah menjanjikan dana kompensasi miliaran rupiah serta haji gratis kepada para jemaah dan keluarga yang menjadi korban peristiwa tragis tersebut. [yy/rimanews]