22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Taliban Hancurkan Patung Pahlawan Syiah, Diganti Replika Al-Quran

Taliban Hancurkan Patung Pahlawan Syiah, Diganti Replika Al-Quran

Fiqhislam.com - Gerakan Taliban atau milisi Taliban adalah gerakan nasionalis Islam pendukung Pasthun dan pernah berkuasa di Afghanistan pada 1996 hingga 2001.

Dan selang 20 tahun kemudian, pada tahun ini kembali mendapatkan kekuasaannya di negeri itu.

Talban dididirkan oleh Mohammed Omar dan Abdul Ghani Baradar serta dipimpin oleh seorang Mullah.

Jauh sebelum tahun 2021, Taliban sudah pernah berkuasa di Afghanistan pada 1996 hingga 2001. Pada pemerintahan yang pertama, Taliban dikenal sebagai pemerintahan yang tertutup terhadap dunia luar dan dikenal sebagai pemerintahan yang anti-Barat dan anti-modernisasi.

Sayangnya, kekuasaan Taliban di Afganistan tidak berlangsung lama setelah kejadian yang menimpa Gedung WTC pada 11 September 2001.

Setelah kejadian 9/11 tersebut, Presiden Amerika Serikat George Bush, mengeluarkan suatu kebijakan antiteror yang kontroversial dan menyasar kalangan ekstrimis Islam, termasuk Taliban.

Taliban disasar oleh Amerika Serikat dan sekutunya karena dituduh melindungi pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden dan dituduh menjadi dalang bersama Al-Qaeda dalam serangan terhadap Gedung WTC.

Amerika Serikat bersams sekutunya melancarkan invansi ke Taliban sejak Oktober hingga November dan mengakibatkan Taliban harus keluar dari Kabul, ibu kota Afganistan. Mundurnya Taliban dari Kabul terjadi pada hari ini, 12 November 2001.

Setelah terusir dari Kabul, otomatis kekuasaan Taliban di Afghanistan jatuh kepada Amerika Serikat dan sekutunya.

Setelahnya, Taliban kembali menjadi pemberontak dan terus bergerilya di pegunungan Afghanistan.

Setelah medio tahun ini, Taliban berhasil mengalahkan pemerintahan Afghanistan yang didukung Amerika Serikat dan mendapatkan kekuasaanya kembali. [yy/tempo]