10 Safar 1443  |  Sabtu 18 September 2021

basmalah.png

Gunakan Suara Adzan di Remix dan Tuai Kecaman, Mnet Dituntut Minta Maaf

Gunakan Suara Adzan di Remix dan Tuai Kecaman, Mnet Dituntut Minta Maaf

Fiqhislam.com - Mnet, salah satu televisi kabel di Korea Selatan, menuai kecaman usai me-remixkan suara azan. Netizenpun menuntut Mnet meminta maaf atas tindakan mereka.

Dalam acara Street Woman Fighter, Mnet memasukan suara azan yang di-remix. Video mengenai penggunaan azan ini ramai di Twitter dan menjadi trending topik dengan kata kunci #Mnetapologize. “Aku ingin kalian waspada atas topik sangat kontroversial soal editing Mnet. Di acara Street Woman Fighter, Mnet memutuskan menggunakan azan sebagai intro,” cuit @@luitionguo, Sabtu, 4 September 2021.

Intro ini dimasukkan pada episode awal Street Woman Fighter, yang diputar di kanal YouTube Mnet TV, 24 Agustus 2021. Acara Street Woman Fighter merupakan ajang pertarungan menari antar kontestan perempuan. Acara ini dipandu oleh Kang Daniel dan penyanyi, Psy sebagai salah satu anggota juri.

Netizen yang mengetahui hal ini langsung mengecam pemilihan lagu yang dilakukan oleh Mnet. Mereka menyerbu akun Twitter dan Instagram resmi Mnet TV. Kebanyakan netizen menuntut Mnet meminta maaf atas pemilihan lagu yang mirip dengan lagu Azan milik kelompok musik Losers.

“Apakah kalian sudah melakukan riset? Kalian punya tim kan? Apakah kalian tidak tahu kalau itu azan?” tulis @ayuaeiou. “Apakah kalian melakukan ini dengan sengaja? Kenapa? Untuk menaikkan nama kalian? Apakah kalian harus serendah ini? Apakah kalian tidak punya toleransi dalam hidup kalian,” tulis @nunaomi.

“#Mnetapologize azan bukan lagu aestetik. Hapus lagunya, bikin intro baru. Kalian buat iramanya jadi cepat dan campur-campur. Makna dari adzan jadi kacau, hapus,” cuit @hjjnie. “Ini bukan pertama atau kedua kalinya kalian melakukan aksi tidak menghargai agamaku. Menggunakan adzan untuk latar belakang musik SWF dan bahkan kalian me-remixnya, sangat-sangat tidak sopan. Kapan kalian akan jera? #Mnetapologize,” cuit akun afrkml.

Mnet sampai dengan berita ini diturunkan belum memberikan tanggapan apapun atas kemarahan netizen. Unggahan terakhir di akun Instagram dan twitternya, masih mempromosikan Mnet Asian Music Awards 2021 dan acara baru Lee So Jin. [yy/tempo]