19 Safar 1443  |  Senin 27 September 2021

basmalah.png

Piagam Atlet Muslim, Lima Klub Liga Primer Inggris Mendukung

Piagam Atlet Muslim, Lima Klub Liga Primer Inggris Mendukung

Fiqhislam.com - Organisasi nonprofit di London, Inggris, Nujum Sports meluncurkan Piagam Atlet Muslim untuk mendorong organisasi olahraga untuk menghormati atlet Muslim. Piagam tersebut mendorong organisasi olahraga mengadopsi praktik yang baik untuk membantu atlet Muslim berkembang dan para penggemar merasa dicintai dan didukung.

Nujum Sports mengatakan, mereka berupaya menantang organisasi untuk membuat kemajuan dalam mendukung olahragawan Muslim dengan penandatanganan berjanji untuk membuat perubahan yang positif.

Setidaknya, ada 10 poin yang tertuang dalam piagam tersebut, antara lain tidak mengonsumsi alkohol, di antaranya saat selebrasi, tempat sholat yang layak, makanan halal, dan puasa di bulan Ramadhan.

Piagam atlet Muslim itu telah mendapat dukungan dari lima klub Liga Primer Inggris dan 15 klub lagi dari EFL telah berjanji untuk mendukung piagam tersebut.

"Setelah bekerja di bidang olahraga, saya sangat menyadari kesulitan untuk menjalankan agama saya. Setelah berbicara secara luas dengan para atlet dan klub, kami merasa ini adalah waktu yang tepat untuk memiliki piagam atlet Muslim di Inggris. Kami percaya ini adalah yang pertama dan satu-satunya dari jenisnya. Klub dan organisasi bergabung dengan gerakan solidaritas, kesetaraan, dan pengakuan positif atas kontribusi Muslim di klub dan tim masing-masing," kata CEO Nujum, Ebadur Rahman, dilansir di 5Pillarsuk, Senin (28/6).

Piagam ini juga telah didukung oleh Kick it Out, Asosiasi Pendukung Sepak Bola (FSA) dan badan amal Human Appeal. Anwar Uddin dari FSA mengatakan, bahwa piagam ini adalah pengubah permainan (gamechanger) bagi pemain Muslim.

"Kami juga berharap komitmen kepada para penggemar Muslim mendapat perhatian serius sehingga kami dapat menginspirasi generasi baru," ujarnya.

Klub sepakbola Inggris Watford FC juga menyatakan dukungannya terhadap Piagam Atlet Muslim. "Kami merasa piagam ini akan menjadi manfaat besar untuk mendukung tim utama kami, tim wanita, dan para pemain akademi," kata juru bicara Watford.

Nujum Sports menghitung setidaknya ada sekitar 250 pemain Muslim di tim utama dan akademi di empat liga teratas sepak bola Inggris.

Dari jumlah tersebut, pemain Muslim yang telah terkenal namanya di antaranya pemain Manchester United Paul Pogba, duo Liverpool Mohamed Salah dan Sadio Mane, dan pemenang Liga Champions Chelsea N'Golo Kante dan Antonio Rudiger. [yy/republika]