pustaka.png
basmalah.png.orig


12 Dzulqa'dah 1442  |  Selasa 22 Juni 2021

Daftar Serangan Terhadap Muslim di Kanada

Daftar Serangan Terhadap Muslim di Kanada

Fiqhislam.com - Pada Ahad malam, keluarga Muslim di London, Kanada tewas akibat tabrakan mobil saat mereka berjalan di ujung barat laut kota. Kepala Polisi London Steve Williams mengatakan penyelidik percaya ini adalah tindakan yang disengaja.

Para korban dari insiden mengerikan ini menjadi sasaran karena keyakinan mereka, Islam. Serangan tersebut mengejutkan masyarakat di seluruh kota.

Ini adalah salah satu contoh ekstrem dari kekerasan yang dihadapi Muslim di Kanada. Dewan Nasional Muslim Kanada (NCCM) melacak lebih dari 300 insiden, termasuk lebih dari 30 tindakan kekerasan fisik yang terjadi dari 2015 sampai 2019.

Serangan teroris akibat islamofobia paling terkenal adalah serangan pria bersenjata di Pusat Kebudayaan Islam di Kota Quebec saat sholat malam pada 29 Januari 2017. Serangan tersebut menewaskan enam orang dan 19 luka parah. Selain itu, ada beberapa serangan lain seperti dilansir lfpress.com, Selasa (8/6).

31 Maret 2015: Seorang wanita menyerang seorang Muslimah di transit Montreal. Dia berulang kali memukul wajah korban dan tubuh bagian atas sambil meneriakkan hinaan rasialis.

16 November 2015: Dua orang kulit putih menyerang seorang Muslimah berjilbab dalam perjalanan menjemput anak-anaknya dari sekolah di North York. Pelaku meninju perutnya dan meneriakkan kata-kata kasar.

10 Desember 2015: Seorang Muslimah ditendang saat berkendara di angkutan umum Scarborough. Penyerang juga menarik jilbabnya dan meneriakkan hinaan rasial.

9 Januari 2016: Kerumunan pengungsi yang menghadiri acara penyambutan di Pusat Asosiasi Muslim Kanada di Vancouver disemprot merica oleh seorang pria yang sedang bersepeda.

29 Feb 2016: Seorang pria kulit putih berteriak, membanting tubuhnya ke tubuh Muslimah berjilbab hingga ia terjatuh saat Muslimah tersebut meninggalkan bus di Longueuil, QC.

29 Mei 2016: Seorang mahasiswa Western University sedang duduk di luar Covent Garden Market di London ketika dua pria menghampiri dia dan pacarnya. Orang-orang itu memukuli siswa itu berulang kali dan kemudian mengaku bersalah atas penyerangan itu.

18 Februari 2017: Seorang wanita muda Muslim yang sedang makan siang di Mississauga ditarik rambutnya oleh seorang wanita dan ditarik kembali ke tangga di mana seorang pria meninju kepalanya beberapa kali. Penyerang wanita kemudian menendang wajah wanita itu.

10 September 2017: Seorang wanita Muslim ditampar dan ditendang oleh warga lain di dalam gedung apartemen mereka di Toronto.

13 Juli 2018: Seorang pria Muslim sedang berjalan pulang dari sebuah masjid di Saskatoon ketika sebuah truk putih menaiki trotoar dan melaju ke arahnya. Beberapa saat setelah tiba di rumah, dua batu bata dilempar melalui jendela depan rumahnya.

15 Juli 2018: Seorang pria Muslim dipukuli di depan istri dan dua putrinya di tempat parkir Mississauga.

23 Maret 2019: Seorang pria memukul seorang Muslimah berjilbab hingga pingsan di tempat parkir toko obat Mississauga.

5 Oktober 2019: Ketua baru Muslim Council of Calgary Foundation mendengar gedoran di pintu depannya dan menemukan pintu rusak dan kaleng bensin di teras depan. [yy/republika]