pustaka.png.orig
basmalah.png


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

Pemerintah Akui Perjuangan Umat Islam untuk Afrika Selatan

Pemerintah Akui Perjuangan Umat Islam untuk Afrika Selatan

Fiqhislam.com - Presiden Afrika Selatan mengungkap kontribusi umat Islam melawan apartheid. Kontribusi ini merupakan catatan panjang sumbangsih komunitas Muslim terhadap Afrika Selatan.

"Kami sadari komunitas Muslim telah membayar mahal perlawanan terhadap apartheid hingga akhirnya berdiri Afrika Selatan yang demokratis,"katanya seperti dilansir anadolu agency, Jumat (7/5).

Banyak Muslim Afrika Selatan, kata dia, ambil bagian dalam perjuangan melawan apartheid salah satunya, Ahmed Kathrada. Ahmed Kathreda karena perjuangannya dipenjara. Beliau satu sel bersama Nelson Mandela. Tokoh Muslim lainnya, Dullah Omar, pengacara yang berjuang hingga akhir hayatnya untuk melawan apartheid.

Ramaphosa pun memuji peran Umat Islam yang menjadikan Afrika Selatan negeri yang hebat seperti sekarang.

"Sejarah kami menegaskan perjuangan komunitas Muslim ini melawan intoleransi berabad-abad, melawan ketidakhormatan terhadap adat istiadat, dan melawan serangan kejahatan dan kekacauan," katanya.

Ramaphosa juga mengatakan komunitas Muslim di Afrika Selatan dikenal karena kontribusinya terhadap orang miskin dan ketertinggalan pembangunan.

“Ini adalah tradisi amal yang dipertahankan terlepas dari keyakinan atau non-keyakinan mereka yang membutuhkan,” katanya, seraya menambahkan bahwa selama puncak covid-19, ketika ada ketakutan dan ketidakpastian, komunitas Muslim, bekerja sama dengan komunitas agama lain, bergandengan tangan dengan pemerintah untuk melayani komunitas.

Dia mencatat bahwa anggota komunitas Muslim membuka banyak dapur umum untuk memberi makan orang miskin, menyumbangkan bingkisan makanan dan menyediakan air untuk komunitas yang tidak mampu.

“Kami tahu sebagai orang Afrika Selatan bahwa semangat tidak mementingkan diri sendiri dan pelayanan tidak terbatas pada Ramadhan. Itu adalah ciri khas komunitas ini, yang karenanya kami sangat berterima kasih, ”katanya.

Muslim membentuk sekitar 3 persen dari populasi Afrika Selatan yang hampir 60 juta. Muslim telah tinggal di Afrika Selatan selama ratusan tahun dan memiliki beberapa masjid dan situs warisan di seluruh negeri. Populasi Muslim terbesar di Afrika Selatan terletak di wilayah Western Cape. [yy/republika]