fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


30 Sya'ban 1442  |  Senin 12 April 2021

Milisi Nigeria Bebaskan Ratusan Siswi

Milisi Nigeria Bebaskan Ratusan Siswi

Fiqhislam.com - Kelompok bersenjata Nigeria telah membebaskan semua 279 siswi yang diculik dari sebuah sekolah asrama di barat laut Nigeria, Selasa (2/3/2021). Hal itu diungkapkan langsung oleh gubernur di negara bagian Zamfara.

Menurut laporan sebelumnya, 317 gadis dari Sekolah Menengah Ilmu Pengetahuan Gadis Pemerintah (GGSS) di kota Jangebe diculik oleh geng bersenjata sekitar jam 1 pagi pada hari Jumat.

Juru bicara negara bagian Zamafara, Sulaiman Tanau Anka, mengatakan kepada Reuters bahwa beberapa gadis yang hilang telah lari ke semak-semak pada saat penyerangan, dan jumlah mereka yang diculik adalah 279.

"Semua sekarang telah dibebaskan," kata Gubernur Zamfara Bello Matawalle seperti dikutip dari Reuters.

Wartawan Reuters di Jangebe melihat lusinan gadis berjilbab Muslim duduk di aula gedung pemerintah negara bagian.

“Alhamdulillah! Senang sekali bisa mengumumkan pembebasan siswi GGSS Jangebe yang diculik dari penahanan,” kata Matawalle di Twitter.

"Ini menyusul penskalaan beberapa rintangan terhadap upaya kami. Saya memerintahkan semua warga Nigeria yang bermaksud baik untuk bersukacita bersama kami karena putri kami sekarang aman," ujarnya.

Sekolah-sekolah telah menjadi sasaran penculikan massal untuk mendapatkan tebusan di Nigeria utara oleh kelompok-kelompok kriminal bersenjata (KKB), dalam tren yang dimulai oleh kelompok teroris Boko Haram, dan kemudian cabangnya di Negara Islam Provinsi Afrika Barat.

Pemerintah Nigeria berulang kali membantah membayar uang tebusan. Namun Presiden Muhammadu Buhari mengeluarkan pernyataan pada hari Jumat di mana ia mendesak pemerintah negara bagian untuk meninjau kembali kebijakan mereka dalam memberi penghargaan kepada bandit dengan uang dan kendaraan, memperingatkan bahwa kebijakan tersebut dapat menjadi bumerang yang menghancurkan.

Penyerangan dan penculikan di negara bagian Zamfara adalah yang kedua dalam waktu kurang dari seminggu di barat laut, wilayah yang semakin menjadi sasaran geng kriminal. Pada hari Sabtu, orang-orang bersenjata membebaskan 27 remaja laki-laki yang diculik dari sekolah mereka pada 17 Februari di negara bagian tengah utara Niger.

Pada tahun 2014, Boko Haram menculik lebih dari 270 siswi dari kota timur laut Chibok , dalam penculikan sekolah paling terkenal di Nigeria. Sekitar 100 dari mereka masih hilang. [yy/sindonews]