fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


30 Sya'ban 1442  |  Senin 12 April 2021

Muslim Chatham-Kent, Kanada Kini Punya Pusat Kegiatan Islam

Muslim Chatham-Kent, Kanada Kini Punya Pusat Kegiatan Islam

Fiqhislam.com - Komunitas Muslim di kota Chatham-Kent, Ontario, Kanada kini mempunyai gedung baru sebagai pusat kegiatan Islam yang dapat digunakan untuk ibadah, berkumpul dan berbagai kegiatan lainnya. Gedung ini sebenarnya bekas Gereja St James Presbyterian di McNaughton Avenue, Chatham yang sudah tidak digunakan sejak lama. Kemudian gedung tersebut dibeli dan dijadikan pusat kegiatan Islam.

Komunitas Muslim Chatham pun begitu gembira memiliki CIC. "Sungguh perasaan yang sangat luar biasa," kata Presiden CIC, Amir Naveed seperti dilansir The Sun Times pada Kamis (18/2) gedung itu diberi nama Chatham Islamic Center (CIC).

Naveed mengatakan pihaknya sedang merencanakan berbagai program yang dapat diikuti para wanita, remaja dan orang dewasa di CIC.

Pada awalnya komunitas Muslim sudah menyewa gedung di beberapa lokasi sebagai pusat kegiatan Islam sejak 2016. Di lokasi-lokasi tersebut dijadikan tempat berkegiatan lebih dari 100 keluarga Muslim. Namun sekarang, mereka telah memiliki gedung permanen.

Naveed pun sangat berterima kasih kepada anggota CIC dan komunitas Muslim yang telah memberikan donasi sehingga bisa membeli bangunan itu. "Ini seperti memiliki kunci rumah baru. Tanpa bantuan mereka, kami tidak akan berdiri di sini hari ini," katanya.

Naveed juga menyampaikan apresiasi kepada pengurus dan anggota gereja Presbyterian yang telah memungkinkan pembelian gedung tersebut. Naveed mengatakan sebagian besar komunitas Muslim telah tinggal di kota Chatham-Kent sekitar 10-15 tahun. Ia mengatakan CIC didirikan dengan dua tujuan yakni sebagai tempat ibadah dan menjadi pusat pembelajaran bagi generasi mendatang tentang Islam.

"Kami hanya ingin menampilkan sisi positif yang nyata dari umat Islam. Anda akan melihat banyak aktivitas, banyak dialog antar agama terjadi di sini. Kami adalah orang Kanada dan kami ingin generasi masa depan kami menjadi orang Kanada, mengikuti agama yang dianut nenek moyang kami," katanya.

Sekretaris CIC Ahmed Amiry mengatakan komunitas Muslim lokal sangat senang memiliki fasilitas baru itu. Ia mengatakan dengan pusat kegiatan itu akan menarik banyak profesional Muslim datang. Bahkan menurut Amiry dirinya kini banyak mendapat telepon dari keluarga Muslim yang tinggal di luar Chatham-Kent yang ingin berpindah tempat tinggal ke kota itu setelah adanya CIC. Ia mengatakan banyak warga yang ingin mencari tahu program apa saja yang dijalankan di CIC.

"Saya pikir ini langkah kita untuk maju menyatukan masyarakat. Jadi pertanyaan-pertanyaan ini benar-benar membuat saya merasa bahwa ada kebutuhan akan pusat kegiatan Islam, untuk menarik orang, untuk mempertahankan orang," katanya. [yy/ihram]