fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


7 Ramadhan 1442  |  Senin 19 April 2021

Pria AS Divonis 7 Tahun Penjara karena Tembaki Sekelompok Muslim

Pria AS Divonis 7 Tahun Penjara karena Tembaki Sekelompok Muslim

Fiqhislam.com - Pria 26 tahun asal Amerika Serikat divonis tujuh tahun penjara atas dua pasal berlapis, Kejahatan pertama, yakni menembaki sekelompok Muslim yang hendak beribadah. Kedua, karena kepemilikan senjata api secara ilegal.

Awal kisah terjadi pada 29 Juni 2016. Anthony Sawina dan beberapa temannya keluar dari bar di Dinkytown, Minneapolis sekira pukul 2.30. Mereka melihat segerombol pria Somalia berjalan menuju mobil, selepas bermain basket hendak pergi bareng ke masjid. Salah seorang dari mereka tampak memakai pakaian tradisional umat Muslim.

Seorang teman Sawina lantas menanyai rombongan itu, “pakaian macam apa yang kau kenakan itu?” Pertanyaan tersebut tidak mendapat tanggapan. Pria itu kesal dan kembali mencelanya, “Muslim sialan!”

Makian itu lantas membuat seorang dari rombongan itu marah dan menanyakan maksud ucapan kasarnya itu. Tapi, bukannya mendapat permintaan maaf, sekelompok pria Somalia itu malah dihujani tembakan.

Sawina mengarahkan pistolnya ke kaca depan mobil. Dua pria yang paling mungkin tertembak kabur keluar dari mobil. Namun tertembak kakinya. Alhasil keduanya harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

“Ini benar-benar kisah yang menakutkan dan tragedi ini terjadi karena sekarang ada rasa takut terhadap Muslim di negara ini,” kritik Direktur Eksekutif Dewan Hubungan AS-Islam, Jaylani Hussein, seperti dilansir dari Independent, Selasa (26/7/2016). [yy/okezone]