fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


7 Ramadhan 1442  |  Senin 19 April 2021

Ulama Islam Sepakat Satukan Kalender Hijriyah Internasional

Ulama Islam Sepakat Satukan Kalender Hijriyah InternasionalFiqhislam.com - Senin 30 Mei 2016, sebanyak 60 negara di seluruh dunia sepakat menyatukan kalender Hijriyah dalam Konferensi Internasional Penyatuan Kalender Hijriyah yang digelar di ibukota Turki, Istanbul.

Dalam keterangan Ketua Departemen Agama Turki, Muhammad Gormaz, mengatakan, “Penyatuan kalender hijriyah di seluruh dunia berdasarkan ilmu falak dan perkiraan hilal. Akan tetapi ini semua tidak akan melupakan ruyat hilal, dan kami berharap seluruh umat Islam di dunia dapat memulai puasa di tanggal yang bersamaan.”

Ratusan ahli falak dan astronom dari 60 negara ikut ambil bagian dalam konferensi internasional yang diselenggarakan sejak hari Sabtu (28/05) akhi pekan kemarin dibawah naungan Departemen Keagamaan Turki dan Dewan Pemantau Bulan Uni Emirat Arab.

“Setelah perdebatan panjang melelahkan dan pemungutan suara secara tertutup, akhirnya para ahli falak, ulama dan astronom sepakat untuk penyatuan kalender hijriyah umat Islam. Dan saya mengucapkan selamat atas hasil kerja keras ini,” ujar Muhammad Gormaz dalam konferensi pers kepada wartawan.

Muhammad Gormaz melanjutkan, “Kami akui masih terdapat perbedaan dengan sejumlah negara terkait penyatuan ini, terlebih mereka ingin mencoba membuktikan penampakan bulan dengan cara mereka sendiri. Akan tetapi itu semua tidak membuat kita harus terpecah belah.”

Sementara itu dalam sambutan Presiden Ulama Muslim Internasional, Sheikh Yusuf al-Qaradawi, menyambut baik hasil kesepakatan ini dan menyebut umat Islam di seluruh dunia sangat menantikan kesepakatan-kesepakatan seperti ini.

Rencananya hasil Konferensi Internasional Penyatuan Kalender Hijriyah akan dibawa kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk dibawa dalam rapat Organisasi Kerjasama Islam agar dapat segera ditetapkan di negara-negara Islam. [yy/eramuslim]