5 Jumadil-Awal 1443  |  Kamis 09 Desember 2021

basmalah.png

Lawan Islamofobia, Muslimah Ajak Demonstran Anti Islam Selfie

Lawan Islamophobia, Muslimah Ajak Demonstran Anti Islam Selfie

Fiqhislam.com - Akhir pekan lalu, kota Antwerp, Belgia, menjadi tuan rumah Muslim Expo, festival tahunan budaya Islam.

Tidak semua orang menyambut acara ini, apalagi belum lama terjadi serangan mematikan di negara tersebut yang memberikan stigma negatif terhadap Muslim.

Sekitar 40 anggota Vlaams Belang, partai sayap kanan Belgia, menggelar aksi anti-Islam dan memprotes pelaksanaan festival Muslim di Antwerp. Mereka membawa sejumlah banner, yang di antaranya bertuliskan "No Mosque" dan "Stop Islam".

Adalah Zakia Belkhiri yang mencoba mengubah persepsi buruk tentang Islam di mata para demonstran dengan cara yang tidak biasa. Wanita muda itu dengan ceria mengajak para pengunjuk rasa berselfie ria.

Momen itu berhasil tertangkap kamera seorang juru foto, Jurgen Augusteyns, dan menjadi viral sejak diberitakan oleh Vice.

"(Wanita) 22 tahun @rabiosaaloca menyebarkan perdamaian dan cinta dalam protes Islamophobia partai sayap kanan Flemish di Antwerp," tulis Salim Kassam di Twitter.

"Saya mengagumi @rabiosaaloca karena keberaniannya (dan perbuatan baiknya) dalam demonstrasi anti-Islam di Antwerp, Belgia," kata reporter The New York Times, Steven Greenhouse, dalam akun Twitternya, @greenhousenyt. [yy/rimanews]