21 Rabiul-Awal 1443  |  Rabu 27 Oktober 2021

basmalah.png

AL AWWAL | AL AKHIR

AL AWWAL | AL AKHIRAL AWWAL (yang Maha Permulaan) dan AL AKHIR (yang Maha Akhir), apapun yang awal adalah pertama sehubungan dengan sesuatu dan apapun yang akhir adalah terakhir sehubungan dengan sesuatu.
 
AL AWWAL dengan AL AKHIR adalah berlawanan karena mustahil ada sesuatu yang pertama sekaligus terakhir dalam satu segi dan dalam hubungannya dengan hal yang sama. Namun, bila anda renungkan tatanan keberadaan dan rangkaian wujud-wujud teratur, Allah Azza wa Jalla adalah AL AWWAL sehubungan dengan itu, karena semuanya menjadi ada berkat Dia dan Dia tidak menjadi ada karena yang lainnya, tetapi ada dengan Dzat-nya.
 
Bila anda renungkan tatanan perjalanan dan mengamati tahap-tahap yang ditempuh oleh mereka yang berjalan menuju Allah, Dia adalah AL AKHIR, karena Dia adalah tujuan akhir/puncak orang-orang yang mengetahui (arifin). Dia adalah yang terakhir sehubungan dengan perjalanan dan juga yang pertama sehubungan dengan keberadaan. Permulaan pertama adalah dari Dia, dan kepada-Nya tujuan dan tempat kembali yang terakhir.
 
`Dia-lah yang awal (yang telah ada sebelum sesuatu ada) dan yang akhir (yang tetap ada setelah segala sesuatu musnah)` (57-Al Hadiid:3)
 
Imam Al-Ghazali
foto madaniwallpaper.com