21 Rabiul-Awal 1443  |  Rabu 27 Oktober 2021

basmalah.png

AL QAABIDH | AL BAASITH

AL QAABIDH |  AL BAASITHAL QAABIDH (Yang Maha Pengendali) dan AL BAASITH (yang Maha Melapangkan Rezeki) adalah Allah mengambil roh dari tubuh yang mati ketika meninggal dan memberikan roh kepada tubuh ketika hidup.

Dia juga mengambil sedekah dari si kaya dan memberikan rezeki kepada yang lemah. Dia memberikan rezeki kepada si kaya sampai tidak ada lagi kebutuhan, dan menahannya dari si miskin sampai tidak ada lagi kekuatan yang tersisa.

Allah mengambil hati dan membatasi hati dengan apa di singkapkan-Nya kepada hati tentang kemuliaan dan keagungan-Nya dan kekurang perdulian-Nya, sementara Allah memberikan hati dengan apa yang Dia sediakan bagi hati yang berupa ketuhanan-Nya, kemurahan-Nya dan keindahan-Nya.

'Maka Dia tahan jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah, bagi kaum yang berpikir' [Az Zumar:42]

'Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya dijalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak Dan Allah menyempitkan (Yaqbidh) dan melapangkan (Yabsuth) dan kepada-Nya kamu dikembalikan' [Al Baqarah:245]

Orang yang mengambil dan memberikan adalah Dia telah di ilhami oleh keajaiban-keajaiban kearifan dan telah diberi kelengkapan kata-kata. Terkadang Dia memberikan kepada hati orang lain berupa mengingatkan mereka akan rahmat Allah dan ke-ridhaan-Nya, dan terkadang Dia mengambil hati manusia berupa memperingatkan mereka akan keagungan dan kemuliaan Allah Azza wa Jalla dan keaneka ragaman hukuman-Nya, bencana-Nya dan pembalasan-Nya atas musuh-musuh-Nya.

 
Imam Al-Ghazali
foto madaniwallpaper.com