14 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 21 Oktober 2021

basmalah.png

MAALIK AL MULK | YANG MAHA BERDAULAT

MAALIK AL MULK | YANG MAHA BERDAULATMAALIK AL MULK (Raja Yang Maha Berdaulat) adalah Allah yang melaksanakan apa yang dikehendaki-Nya dalam kerajaan-Nya, dengan cara yang dikehendaki-Nya. Dia menghendaki, mewujudkan, menghancurkan, melestarikan dan menyirnakan.
 
AL MULK artinya kerajaan, sedangkan AL MAALIK artinya yang berkuasa dengan kekuasaan yang sempurna. Segala yang ada merupakan satu kerajaan dan Diaadalah raja mereka dan yang menguasai mereka. Segala yang ada merupakan satu kerajaan yang saling berkaitan antara satu denganlainnya.
 
Ini sama dengan tubuh manusia, yang bagaikan kerajaan bagi esensi manusia. Banyak anggota tubuh bekerjasama untuk mewujudkan satu tujuan. Dan dengan cara tersebut, dunia ini seperti satu orang, sedangkan bagian-bagian dunia seperti anggota-anggota tubuh yang bekerjasam untuk mencapai satu tujuan. Karena bagian-bagian disusun dalam satu tatanan yang teratur dan disatkan oleh satu ikatan, mereka membentuk satu kerajaan dan Allah Azza wa Jalla sebagai raja satu-satunya.
 
Kerajaan setiap orang adalah tubuhnya sendiri, jika apa yang dikehendakinya tertunaikan dalam sifat-sifat hatinya dan anggota tubuhnya, dia adalah raja dari kerajaan dirinya, menurut ukuran kekuasaan yang diberikan kepadanya.
 
Allah adalah AL MAALIK, seluruh wujud adalah kerajaan-Nya, yang walaupun banyak dan beraneka ragam, merupakan satu kesatuan. Dia-lah pemilik dan pengelola yang Maha Kuasa.
 
`Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar` (02-Al Baqarah:255)
 
`Katakanlah: "wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Ditangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu` (03-Ali Imran :26)
 
`Engkau masukkan malam kedalam siang dan Engkaumasukkan siang kedalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)` (03-Ali Imran:27).
 
Imam Al-Ghazali
foto madaniwallpaper.com