18 Safar 1443  |  Minggu 26 September 2021

basmalah.png

HIKMAH: Lari untuk Hindari Ujub

HIKMAH: Lari untuk Hindari Ujub Fiqhislam.com - IMAM AL GHAZALI suatu saat duduk di pelataran masjid Al Umawi di Damaskus dengan pakaian orang miskin, sedangkan para mufti juga berkumpul di tempat yang sama. Hingga datanglah seorang datang dari kampung hendak bertanya mengenai hukum kepada para mufti tersebut. Namun setelah disodorkan pertanyaan para mufti itu tidak satupun memberikan jawaban.

Laki-laki itu pun tertarik menyaksikan Imam Al Ghazali, hingga ia mengalihkan pertanyaan kepada beliau. Imam Al Ghazali pun menjawab pertanyaan tersebut. Merasa takjub, laki-laki itu pun berucap,”Sesungguhnya para mufti besar tidak memberikan jawaban kepadaku, sedangkan orang fakir yang tidak tahu apa-apa ini bagaimana ia bisa memberi jawaban?” Dan pandangan para mufti pun tertuju kepada Imam Al Ghazali.

Mereka pun mendekat dan bertanya kepada Imam Al Ghazali, ”Apa yang telah engkau sampaikan kepada laki-laki desa itu?” Dan akhirnya, identitas Imam Al Ghazali terungkap karena itu. Dan mereka pun meminta Imam Al Ghazali untuk menggelar majelis ilmu untuk mereka simak.  

Imam Al Ghazali pun memutuskan untuk segera bersafar meninggalkan Damaskus di malam harinya, karena takut timbul sifat ujub (merasa dirinya lebih hebat dibanding orang lain) dalam hati (lihat, Thabaqat As Syafi’iyah Al Kubra, 6/199). [yy/hidayatullah]