<
pustaka.png
basmalah.png

Rahasia Malam

Rahasia Malam

Fiqhislam.com - Apa sebenarnya yang diajarkan Allah SWT pada kita lewat gelapnya malam? Bahkan Allah SWT menjadikan malam sebagai salah satu surat di Al-Quran. Begitu pentingnya peran malam sehingga banyak pelajaran yang bisa kita petik di dalamnya. Dan apa saja keajaiban yang terjadi pada waktu malam? mungkin pertanyaan bisa dijawab melalui perenungan lewat tulisan ini.

Malam mengajarkan kita untuk istirahat. Agar tubuh kita kembali bugar. Agar keletihan kita terobati. Untuk bisa menenangkan pikiran dari semua permasalahan yang kita hadapi. Agar saat fajar terbit kita punya semangat untuk bangkit.

Mengapa Allah SWT mengajarkan malam menjadi waktu untuk istirahat dan berdo’a penuh harap kepadaNya.

Sungguh jika kita mau menyadari bahwa malam adalah solusi dari ujian hidup kita. Bahwa malam mengajarkan kepada kita bagaimana menghadapi permasalahan dalam hidup kita.

Istirahat malam untuk menghilangkan kejenuhan, menenangkan pikiran, dan mengobati kelelahan adalah bentuk pengajaran ALLAH SWT agar kita sabar. Karena semua permasalahan hidup untuk mengatasinya perlu kesabaran dan ketenangan. Bukan ketergesa-gesaan.

Adanya malam yang akan diakhiri dengan terbitnya matahari dari timur, juga mengajarkan kita bahwa sabar dengan tetap menggantungkan harapan dan terus berbuat yang terbaik akan mengantarkan kita pada solusi terhadap permasalahan hidup kita. Sabar dengan meyakini bahwa bersama kesulitan ada kemudahan, mengantarkan kita meraih kesuksesan.

Itulah yang diajarkan malam. Bahwa gelapnya malam akan segera berakhir dengan terbitnya matahari. Begitu juga dengan himpitan hidup akan segera berakhir. Ketika kita mampu sabar, syukur dan ikhlas menerimanya, sambil terus berharap bahwa semua himpitan akan berakhir dan terus berikhtiar berbuat yang terbaik untuk meraih semua impian-impian kita.

Jadi benar-lah apa yang dikatakan Allah SWT jadikan-lah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Itulah yang diajarkan malam pada kita. Senantiasa sabar penuh harap akan terbitnya fajar kesuksesan dengan tetap berusaha sebaik mungkin sambil tak lupa mengadahkan tangan meminta kepada Pemilik Alam Semesta Allah SWT. Wallahu’alam.

Oleh Derby Dian Utama
yy/islampos.com
 
top