14 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 21 Oktober 2021

basmalah.png

Beda Orang Bijak dan Orang Bodoh

Beda Orang Bijak dan Orang Bodoh

Fiqhislam.com - Apa perbedaan yang mencolok antara orang yang bijak dan orang yang bodoh? Ada ulama yang menjawab begini: Perbedaan antara orang bijak dan orang bodoh adalah bahwa orang bijak itu menguji pendapat sementara orang bodoh adalah mendebat kebenaran.

Orang bijak itu memiliki landasan dalil dan mengetahui beragam pendapat tentang suatu hal, kemudian ia mengujinya untuk menemukan mana yang paling kuat dari sisi dalil dan dari sisi kemaslahatannya. Sementara itu, orang bodoh itu tidak tahu dalil dan bahkan tidak pernah belajar dalil apalagi pendapat-pendapat para ulama, namun mereka nekad mendebat kebenaran karena tidak sesuai dengan yang diinginkannya.

Orang bijak akan tetap ramah kepada mereka yang jahil dan menjauhinya dengan cara yang baik. Orang bijak tidak akan meladeni perdebatan orang jahil, karena diamnya orang bijak adalah jawaban terbaik bagi yang jahil.

Orang jahil akan selalu menantang dan mencemooh orang sealim apapun yang pendapatnya berbeda dengan dirinya dengan tiada sadar bahwa semakin menantang dan mencemooh berarti semakin membuka auratnya sendiri.

Sampaikan kebenaran walaupun pahit dengan cara yang santun penuh hikmah. InsyaAllah ilmu akan semakin berkah. Tinggal tunggu masa, kebenaran pasti benar dan menang. [yy/inilah]