fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


29 Sya'ban 1442  |  Minggu 11 April 2021

Rahasia Malam Bagi Orang-orang Hebat

http://elmudunya.files.wordpress.com/2010/06/shalat-malam.jpg

Malam adalah waktu istimewa dalam hidup ini. Tiada waktu dan saat-saat yang paling mengundang sejuta rasa melainkan malam. Karena nilainya yang sangat mahal di sisi Allah, maka banyak sekali ayat-ayat al-Qur'an yang menerangkan fadhilah malam hari.

Ya, waktu malam, seolah banyak orang-orang yang merasa tidak mau lagi hidup tanpa malam hari. Bukan berarti karena ia adalah waktu di mana sebagian manusia terlelap dalam istirahat panjang dari segala aktifitas duniawinya. Bukan pula karena malam itu menjadikan sebab cepatnya waktu kita berlalu dan habis di telan kegelapannya. Bukan! Bukan itu.

Tapi, setidaknya malam adalah sebagai berikut:

1. Malam sebagai baju penghangat. Karena detik-detiknya membuat kita bisa istirahat penuh setelah bergelut dengan kegiatan sehari penuh.

2. Malam istimewa dalam arti yang sebenarnya, karena banyak memberikan inspirasi baru dan tidak pernah habis bagi para pahlawan kehidupan dan orang-orang yang prestatif.

3. Malam adalah pelabuhan keimanan bagi, khususnya, ulama kita terdahulu. Kita bisa lihat, berapa banyak sudah karya-karya momumental keislaman dan pengetahuan lainnya terbukukan sehingga bisa kita jumpai saat ini. Padahal mereka menuliskannya tanpa fasilitas penerangan atau alat penerang yang memadai layaknya kita sekarang ini.

4. Sebagian malam dijadikan sebagai 'waktu' bertemu Allah dalam munajat panjang nan syahdu. Di sanalah pertemuan dengan Allah dimulai. Siapa saja bisa bertemu Allah pada waktu malam. Baik hamba yang tengah berdosa di siang harinya, maupun hamba yang ingin memperbaharui taqarrubnya kepada Allah Swt. Allah siap membentangkan tangan-Nya untuk mereka.

5. Ketenangan malam hari sangat mahal dan tak tergantikan untuk merenung tentang hakikat kehidupan ini. Dan juga kehidupan akhirat. Kedamaian yang Allah sediakan bisa mengantarkan siapapun pada pangkuan-Nya.

6. Waktu malam bisa menghadirkan suasana alam kubur dan hari berbangkit. Dan pada saat itulah diri kita diajak untuk mi'raj ke hadirat Allah yang Maha Agung seraya memohon kemurahan-Nya dan luasnya ampunan-Nya. Dalam shalat, taubat, istighfar dan munajat.

7. Waktu malam seakan mengajak kita untuk menghimpun tenaga berbuat sebaik mungkin di siang harinya.

8. Dan waktu malam juga adalah rahasia keberhasilan para penulis Ulung sepanjang masa. Betapa banyak mereka yang melek mati-matian untuk melahirkan karya-karya baru, tapi seringkali hati dan jiwa ini lebih suka berlama-lama berada dalam kehangatan selimut dan kegelapannya.

9. Mari manfaatkan waktu-waktu malam untuk segalanya, untuk kehidupan ini. Untuk kembali kepada Allah swt. Selagi usia masih ada dan kesehatan masih bersemayam.

Hidayatullah | hidayathamim.blogspot.com