pustaka.png.orig
basmalah.png


12 Dzulqa'dah 1442  |  Selasa 22 Juni 2021

Satu Juta Dollar dari Muslim AS untuk Haiti

Dalam waktu singkat umat Islam di Amerika Serikat telah berhasil mengumpulkan sumbangan lebih dari USD 800.000 untuk korban gempa Haiti, sejak diumumkannya penggalangan dana setelah selesai shalat Jumat pekan lalu di seluruh penjuru negeri. Demikian menurut Islamic Relief di Amerika. "Kami mungkin akan mencapai target 1 juta dollar siang hari nanti," kata Anwar Khan kepada CNN Senin (25/1).

Ia juga mengatakan bahwa pemberian sumbangan tersebut menunjukkan Muslim Amerika berupaya memberikan kontribusi guna meringankan beban rakyat Haiti.

Menurut Khalid Iqbal dari All-Dulles Area Muslim Society (ADAMS) di Sterling, Virginia, jamaah shalat Jumat di sebuah masjid dekat ibukota negara, bahkan berhasil mengumpulkan lebih dari 35 ribu dollar.

"Dalam kepercayaan Islam, Jumat adalah hari untuk bersedekah," kata Naeem Muhammad, yang organisasinya ikut mengumpulkan sumbangan.

Sekarang ini Muhammad sedang berada di Port au Prince, untuk menentukan bagaimana cara terbaik menyalurkan dana bantuan melalui sebuah tim yang dikirim oleh Islamic Relief AS.

Pekan lalu Islamic Relief menargetkan penggalangan dana sebesar 1 juta dollar di seluruh Amerika Serikat bagi korban bencana gempa bumi Haiti. Pihak penyelenggara menyediakan meja khusus di masjid-masjid, yang bertugas mengumpulkan dana sumbangan dari para jamaah shalat. Seruan untuk bersedekah disampaikan oleh imam.

"Ketika kami mendengar seruan itu," kata Muhammad, "maka kami membayangkan dan berkata, 'apa yang akan kami lakukan, jika mendengar ada ratusan ribu orang menjadi korban?'"

Beberapa tahun terakhir, Islamic Relief Amerika telah memberikan bantuan kepada para korban bencana badai Katrina di AS dan tsunami yang menerjang Indonesia.

[di/inr/www.hidaytullah.com]