<
pustaka.png
basmalah.png

Tekad dan Semangat

Tekad dan SemangatFiqhislam.com - Di penghujung tahun maupun di awal tahun baru, biasanya kita mencoba meluangkan waktu kita utk merenung dan mencari “sesuatu”, kemana dan bagaimanakah langkah kita depannya nanti, apa saja yang akan kita kerjakan dan perbuat utk mengisi waktu hidup kita, sisa umur kita dan kesempatan yang Allah berikan pada kita.

Sebenarnya banyak yang ingin kita perbuat dan harapan yang ingin kita ungkapkan. Namun kembali kita sadar bahwa sebenarnya tujuan hidup kita adalah satu yaitu berjuang memberikan yang terbaik melalui amal sholeh untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat

"Tidaklah Allah ciptakan jin dan manusia kecuali utk beribadah kepadaNya", demikian firman Allah. Begitu juga dengan kita ini sebagai seorang manusia yang mengaku sebagai hambaNya, tentu kita harus dapat beribadah dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dengan penuh keikhlasan dan kesungguhan.

Ya, tekad dan semangat utk berjuang; kesungguhan dalam berusaha itulah yang saat ini telah memudar atau bahkan terasa hilang dalam diri kita. Di zaman serba instan saat ini, prosespun terkadang menjadi tidak penting bagi sebagian orang, hasil menjadi tujuan, sebagai target utama. Kita pun terkadang lupa akan cita-cita dan keinginan kita yang pernah kita buat, kemana tekad dan semangat kita yang dulu begitu menggebu untuk terus berjuang dan memberikan yang terbaik dalam hidup ini.

Seperti iman, tekad dan semangatpun dapat turun naik bahkan hilang dengan banyaknya ujian dan cobaan serta kesenangan duniawi. Kadang kita terlena dan lupa akan arti dan tujuan hidup ini kenapa kita diciptakan dan hadir di dunia ini.

Padahal, dunia ini fana adanya. Akhiratlah yang kekal.

maka di awal tahun ini, mari kita perbaharui semangat untuk menjadi hamba-Nya dengan melakukan yang terbaik. Dengan doa dan izin-Nya, tekad dan semangat yang kuat serta kesungguhan dalam setiap usaha, Insya Allah sesuatu itu akan berhasil. Dan kalaupun tak berhasil, yakinlah bahwa keberhasilan itu akan datang suatu ketika dan yakinlah ada banyak hikmah dan kebaikan di dalamnya sepanjang kita telah berusaha dan memohon hanya kepada-Nya.

Kadang, bukan Allah tidak mengabulkan doa atau permohonan kita, harapan ataupun cita-cita kita sekarang, tapi itu semua Allah simpan buat nanti, saat kita membutuhkan. Allah menilai dari kesungguhan kita dalam berusaha dan juga niatan kita atas usaha itu…..

Satu hal yang kita harus miliki utk mengarungi hari-hari  dan masa yang akan datang karena kita sadar bahwa hidup selalu penuh dgn cobaan dan ujian, dunia penuh dengan tipu daya, dan jalanpun semakin berliku. Jadi, kita harus tetapkan tekad kita, cari apa yang akan kita capai, buat perencanaan yang baik, nyalahkan terus semangat dengan doa, ayunkan langkah tanpa bimbang dgn penuh keikhlasan…… berbuat sekuat tenaga, menuju yang lebih baik lagi, dan memberikan yang terbaik dalam kehidupan ini buat diri kita, buat keluarg kita, buat orang-orang terdekat, buat sesama kita, sehingga jika sampai waktu kita tiba, ketika kematian itu datang menghampiri kita, kita yakin kita telah berbuat sepenuh jiwa dan yang terbaik. Semoga Allah selalu merahmati kita, memberikan petunjuk pada kita dan membimbing kita dalam setiap langkah dan niatan kita sepanjang hayat kita. Amien.

Oleh  Setiawan Sabri | republika.co.id
setiawan.sabri@danamon.co.id

 

top