24 Dzulhijjah 1442  |  Selasa 03 Agustus 2021

basmalah.png

Rahasia Meraih Sukses Tanpa Henti (XII/selesai): Setelah Sukses, Lalu Apa?

Dan masing-masing orang memperoleh derajat-derajat (seimbang) dengan apa yang dikerjakannya…” (QS. 6 : 132).

Rahasia Meraih Sukses Tanpa Henti (XII/selesai): Setelah Sukses, Lalu Apa?Selamat! Anda telah selesai membaca semua tulisan ini. Mudah-mudahan tulisan-tulisan tentang "Rahasia Meraih Sukses Tanpa Henti" ini memberikan pandangan baru bagi Anda. Artikel ini hanya kumpulan kata-kata. Ia menjadi berguna jika Anda mencoba melakukan apa yang disarankan dalam artikel ini. Letak kesuksesan Anda bukan terletak pada pengetahuan yang Anda dapatkan dari sebuah tulisan, tapi pada tindakan yang Anda lakukan.

Mudah-mudahan hati Anda tergerak untuk memandang sukses dengan perspektif ‘baru’. Sukses bukanlah suatu kondisi tanpa makna. Bukan pula kekayaan, ketenaran atau kedudukan yang tinggi; seperti yang selama ini dipandang oleh banyak orang. Sukses adalah :

1. Hidup yang seimbang;
2. Memberi manfaat bagi orang lain;
3. Proses mencapai cita-cita mulia;
4. Menikmati kemenangan-kemenangan; dan
5. ‘Akhir yang baik’

Inilah makna sukses yang benar. Makna yang selama ini terpendam oleh ‘kuburan’ budaya materialisme yang sedang berjaya saat ini. Makna sukses yang menjadi rahasia ‘orang-orang besar’, seperti para nabi, pemimpin, dan pahlawan, yang nama mereka dikagumi sepanjang sejarah manusia. Rahasia tersebut kini ada di tangan Anda. Terserah Anda. Apakah Anda mau menggunakan rahasia sukses itu atau tidak.

Bagi sementara orang, sukses yang berarti kekayaan, ketenaran dan kedudukan sudah mendarah daging dalam jiwa mereka. Mungkin sulit bagi mereka untuk memahami sukses dengan makna ‘baru’. Namun Anda bukanlah mereka. Anda adalah orang yang ingin memperoleh sukses sejati, bukan sukses semu. Anda adalah pelopor yang berani tampil beda di tengah-tengah arus besar budaya materialisme yang memandang sukses dengan pandangan semu.

Mantapkan hati Anda untuk menjalani sukses dengan makna ‘baru’, seperti yang telah Anda baca dalam buku ini. Jangan tergoda untuk mengejar kesuksesan semu: kaya, tenar atau berkedudukan. Kesuksesan tersebut hanya akan membuat Anda menjadi gelisah dan tidak tenteram. Kalau pun Anda hari ini merasa tenteram dan senang dengan kesuksesan semu tersebut, maka kelak pasti Anda akan menyesal. Sebab berada pada kesuksesan semu ibarat berada di lautan fatamorgana. Yang hanya membuat Anda semakin haus dan haus dengan ketenteraman dan kebahagiaan.

Kini, palingkan orientasi hidup Anda untuk mencapai kesuksesan sejati. Kesuksesan yang lebih mudah Anda peroleh daripada kesuksesan semu.

Kini, kesuksesan bukanlah milik orang-orang tertentu saja. Kesuksesan tidak lagi menjadi kata elit dan eksklusif. Ia sekarang menjadi milik Anda. Milik semua orang. Sebab ia tidak lagi berupa tujuan yang sulit diperoleh, tapi menjadi proses yang mudah dijalani. Kuncinya hanya satu; kemauan dan kemauan untuk menjalaninya.

Capailah kesuksesan sejati dengan melakukan lima makna sukses: hidup yang seimbang; memberi manfaat bagi orang lain; konsisten dengan cita-cita mulia; menikmati kemenangan-kemenangan; dan ‘akhir yang baik’, secara simultan (bersamaan) dari hari ke hari. Jika Anda lemah dalam salah satu bagian, perkuatlah segera. Kelima bagian dari makna sukses tersebut sebenarnya saling berhubungan satu sama lain. Kelemahan pada satu bagian akan memperlemah bagian yang lain. Sebaliknya, kekuatan pada satu bagian akan memperkuat bagian yang lain.

Upayakan agar hidup Anda selalu berada pada kesuksesan sejati. Yakinlah, bahwa Tuhan akan membantu Anda memperoleh sukses jika Anda bersungguh-sungguh melakukannya. Semoga sukses sejati selalu bersama Anda!

 
Oleh Satria Hadi Lubis
eramuslim.com