29 Dzulqa'dah 1443  |  Rabu 29 Juni 2022

basmalah.png

Apa yang Paling Bisa Mengubah Seseorang?

Apa yang Paling Bisa Mengubah Seseorang?

Fiqhislam.com - Ada banyak orang yang katanya ingin berubah menjadi lebih baik. Orang ini adalah orang yang sudah mulai sadar bahwa hidup memang harus bergerak menuju tujuan yang benar. Orang seperti ini layak dan harus dibimbing.

Ada orang yang katanya ingin berubah tapi ingin juga tetap menjalani apa yang telah dan sedang dijalani. Orang seperti ini adalah orang yang tertipu oleh nafsunya sendiri. Perlu sekali orang ini disadarkan agar terlepas dari ketertipuan dan keberpura-puraan. Tentang orang yang tak mau berubah, tak perlulah dibahas. Yang perlu dibahas lebih lanjut adalah dengan apa seseorang itu bisa berubah.

Ada yang berkata bahwa waktu yang akan mengubahnya dengan asumsi bahwa secara alami seseorang itu pasti semakin tua dan semakin dewasa. Namun, faktanya adalah ada banyak data bahwa semakin dewasa seseorang malah semakin cerdas untuk tidak bersikap dewasa, semakin menjadi-jadi, walau dengan cara tersembunyi.

Ada yang berkata bahwa dengan rutin mendengarkan kalimat bijak penuh kebenaran maka seseorang akan berubah. Faktanya adalah banyak juga yang sudah membaca banyak buku hikmah dan mendengarkan untaian-untaian hikmah namun perilakunya tetap saja tetap kokoh pada kebiasaan tak baiknya.

Tentu, ulasan ini tak menafikan makna dan guna membaca dan mendengar kebaikan secara total. Lalu apa kira-kira yang paling tepat dan manjur untuk mengubah seseorang menjadi berubah lebih baik?

Pada pakar psikologi agama menyatakan bahwa yang paling bisa mengantarkan seseorang berubah adalah CINTA. Inilah alasan mengapa para nabi senantiasa mendakwahkan risalahnya dengan muatan cinta. Cinta adalah semangat menyayangi, bukan semangat membenci.

Cinta adalah mengharapkan kebahagiaan dan keselamatan, bukan kesedihan dan kecelakaan. Sentuhan cinta adalah sentuhan terdahsyat yang akan mampu dengan lembut mengarahkan seseorang untuk berubah. [yy/inilah]