fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


5 Ramadhan 1442  |  Sabtu 17 April 2021

Dalai Lama: Kita Harus Mengikuti Jalan yang Ditunjukkan Nabi Muhammad

Dalai Lama: Kita Harus Mengikuti Jalan yang Ditunjukkan Nabi Muhammad

Fiqhislam.com - Pemenang Nobel dan pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama diklaim mengungkapkan kekagumannya terhadap Nabi Muhammad Saw dan kitab suci Alquran.

Dilaporkan portal berita News Bug, Dalai Lama hadir dalam pertemuan khusus dengan delegasi dari Central Muslim Association (CMA) Karnataka di Mysore (India) pada 31 Desember 2015. Dalam pertemuan itu, Dalai Lama memuji pengabdian besar Nabi Muhammad kepada umat manusia.

"Seluruh hidup Nabi Muhammad (SAW) adalah contoh terbaik untuk seluruh umat manusia," kata Dalai Lama seperti dikutip portal berita tersebut, Ahad (3/1).

"Kita harus mengikuti jalan yang ditunjukkan oleh Nabi Muhammad (Saw) dalam rangka membangun perdamaian global dan untuk mengakhiri terorisme dan tirani di dunia. Pesan Nabi Muhammad (Saw) adalah perdamain, cinta, keadilan, dan toleransi beragama akan selalu menjadi cahaya utama untuk seluruh umat manusia."

Dalai Lama, menerima salinan Alquran terjemahan bahasa Inggris dari Presiden CMA, Mushtaq Ahmad dengan hormat dan menciumnya. "Alquran adalah Kitab Suci yang diberikan oleh Allah untuk membimbing manusia," katanya.

Dalai Lama adalah nama dari suatu gelar dalam agama Budha, layaknya Paus Paulus, gelar nama ini diturun temurunkan dan kini telah mencapai turunan ke-14. Dipercaya sebagai reinkarnasi Dalai lama terdahulu.

10 Kata Dalai Lama yang Membela Islam

Sebagai pemimpin spiritual Budha di Tibet, Dalai Lama bukan berarti menutup mata untuk kaum Muslim di dunia. Meski memiliki keyakinan berbeda, beberapa komentar atau pandangan pribadi Dalai Lama justru kerap membela umat Muslim.

Berikut 10 peristiwa yang sempat menyita perhatian Dalai Lama karena kerap memojokan umat Muslim:

1. Pengungsi Muslim

Pemuka agama di Tibet ini menyebut jangan pernah para migran ditolak karena mereka seorang Muslim. Ia meminta masyarakat Uni Eropa, termasuk pemerintahan menerima para pengungsi sebagai seorang manusia.

Hal ini diungkapkan Dalai Lama menyusul krisis migran yang terjadi di sejumlah negara Eropa. "Harus lebih banyak usaha yang kita lakukan untuk menciptakan perdamaian," kata Dalai Lama dalam wawancara dengan BBC.

Jutaan pengungsi Suriah dan daerah Muslim lainnya menyerbu Eropa dan Barat dalam beberapa tahun terakhir.

2. Serangan di Paris

Dalai Lama pernah meminta masyarakat dunia untuk berhenti memberikan do'a atas peristwa serangan senjata dan bom bunuh diri di Paris belum lama ini. Dalai Lama mengatakan, do'a tidak akan memecahkan masalah ekstrimis di dunia ini.

Dia menyebut nilai-nilai kemanusian, kesatuan dan harmoni lah yang mampu menciptakan perdamaian di dunia. "Kita tak bisa memecahkan masalah ini (ekstrimis) hanya dengan berdo'a dan berdo'a," kata dia kepada Deutsche Welle, seperti dilansir laman Raw Story.

Serangan pada 13 November ini menewaskan setidaknya 130 orang. ISIS mengklaim bertanggungjawab atas serangan mematikan ini.

3. Etnis Rohingya

Dalai Lama juga pernah memberikan perhatian khusus kepada pengungsi Rohingya di Myanmar. Dalai Lama meminta aktivis perdamaian dunia Aung San Suu Kyi untuk lebih banyak membantu penyelesaian krisis yang menimpa etnis Rohingya.

"Sangat menyedihkan. Seruan saja tak cukup. Saya harap Aung San Suu Kyi sebagai peraih Nobel bisa melakukan sesuatu," kata Dalai Lama, saat diwawancarai harian The Australian.

4. Jihad

Dalai Lama pernah menyebut aksi jihad yang kerap dilakukan umat Muslim. Dia menilai jihad sangat bermanfaat untuk mendalami spiritualitas sehingga meningkatkan moralitas. Namun, dia mengecam aksi kekerasan atas nama agama.

"Makna yang saya tahu dari jihad adalah bertempur melawan diri, melawan nafsu yang merusak. Dalam konteks ini saya juga melakukan jihad setiap hari," kata Dalai Lama, seperti dilansir VOA.

5. Hentikan kekerasan terhadap Muslim

Meski berbeda keyakinan, desakan anti kekerasan terhadap Muslim juga diserukan oleh petinggi Budha Tibet ini. Dalai Lama mengkritik dengan tegas kekerasan yang dilakukan terhadap umat Muslim di belahan dunia manapun.

"Kekerasan dalam bentuk apa pun tidak bisa diterima," kata Dalai Lama seperti dikutip Aljazeera.

6. Teroris bukan Islam

Tidak adil kalau selurun Muslim disamaratakan dengan teroris. Ini lah salah satu pandangan Dalai Lama dalam menyikapi aksi terorisme di dunia.

"Meskipun teroris menjadi masalah global, tidak adil kalau aksi mereka dikaitkan dengan Islam. Tidak semua umat Muslim adalah teroris atau pendukung aksi teror," kata Dala Lama.

7. Ajak ISIS berdialog

Dalai Lama pernah menyatakan keiginannya untuk menggelar diskusi dengan ISIS. Dalai percaya bahwa Islam mengajarkan perdamaian, sementara ISIS yang tidak toleransi terhadap pihak lain akan merusak saudara mereka sendiri.

"Setiap manusia memiliki agama dan kebenarannya masing-masing. Namun di dalam masyarakat sendiri terdiri dari banyak agama dan kebenaran. Islam adalah agama yang mengajarkan perdamaian,” kata Dalai Lama, sebagaimana dilansir Shanghaiist.

8. Mengagumi Nabi Muhammad

Dalai Lama diklaim mengungkapkan kekagumannya terhadap Nabi Muhammad Saw dalam pertemuan khusus dengan delegasi dari Central Muslim Association (CMA) Karnataka di Mysore (India) pada 31 Desember 2015.

"Kita harus mengikuti jalan yang ditunjukkan oleh Nabi Muhammad (Saw) dalam rangka membangun perdamaian global dan untuk mengakhiri terorisme dan tirani di dunia. Pesan Nabi Muhammad (Saw) adalah perdamain, cinta, keadilan, dan toleransi beragama akan selalu menjadi cahaya utama untuk seluruh umat manusia," katanya.

9. Puji Islam

Dalai Lama memuji Islam sebagai salah satu agama besar dunia. Dia mengatakan, spirit Islam yang sesungguhnya adalah pertempuran melawan energi negatif dalam diri sendiri, yang ia sebut menyebutnya sebagai jihad sejati, pada setiap umatnya.

"Aku membela Islam. Kita seharusnya tidak menyamaratakan Islam karena beberapa orang yang nakal. Orang semacam itu juga ada di kalangan umat Hindu, Yahudi, Kristen, Budha, dan semua agama," kata Dalai Lama

10. Mengakui kebenaran Alquran

Dalai Lama menilai perbuatan nabi Muhammad Saw sebagai solusi bagi aksi teror di dunia. Dalai Lama mengatakan, perbuatan Nabi Muhammad merupakan kerangka dalam membangun perdamaian global dan untuk mengakhiri terorisme dan tirani di dunia.

"Seluruh hidup Nabi Muhammad (SAW) adalah contoh terbaik untuk seluruh umat manusia," kata Dalai Lama seperti dikutip News Bug.

Dalai juga menciumnya. "Alquran adalah Kitab Suci yang diberikan oleh Allah untuk membimbing manusia," katanya.

yy/republika

KATEGORI REVIEW