fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


5 Ramadhan 1442  |  Sabtu 17 April 2021

Bilang Muslim dan Kristen Sembah Satu Tuhan, Profesor AS Dipecat

Bilang Muslim dan Kristen Sembah Satu Tuhan, Profesor AS Dipecat

Fiqhislam.com - Seorang profesor di Wheaton College di Illinois dipecat karena komentarnya mengaitkan Islam dengan Nasrani pada Rabu (6/1). Profesor Larycia Hawkins mendapatkan tentangan setelah berkomentar bahwa sejatinya Nasrani dan Islam menyembah Tuhan yang satu pada Desember 2015 lalu.

Atas komentarnya tersebut, Hawkins mendapatkan teguran dan ancaman pemecatan oleh pihak kampus. Namun tindakan Wheaton College tersebut mendapatkan kecaman dari media sosial. Hawkins merujuk komentarnya tersebut pada pernyataan Paus Fransiskus beberapa hari sebelumnya yang menyebut 'Kami dan Muslim menyembah tuhan yang sama.'

"Saya kukuh dalam solidaritas umat beragama bersama Muslim. Karena mereka seperti kita pengikut Nasrani yang memegang ajaran kitab suci," ujar Hawkins dalam akun Facebook nya dilansir dari New York Times.

Sementara itu, pihak perguruan tinggi membela diri bahwa pemecatan tersebut bukan berarti pihak kampus anti Muslim. Wheaton College menilai pernyataan teologis Hawkins tidak sejalan dengan doktrin di perguruan tinggi ini. 

Pihak kampus mengklaim sempat berusaha meminta diskusi teologis lebih lanjut dalam upaya klarifikasi pernyataan Hawkins tersebut. Namun pada Rabu, akhirnya pihak kampus memutuskan memecat Hawkins.

Pihak kampus juga mempertanyakan adanya perubahan sikap Hawkins yang dalam beberapa hari terakhir merubah penampilannya, dengan menggunakan hijab sebagai solidaritas terhadap Muslim. Pemecatan tersebut tidak menghentikan Hawkins mendapatkan dukungan di media sosial. 

Dalam akun Facebook nya Hawkins berterima kasih atas dukungan kepadanya tersebut. "Anda tak akan pernah tahu bagaimana dukungan anda, telah merubah wanita yang tidak dikenal sebelumnya ini, mengubah jiwa ku," katanya.

Walaupun belum menjadi muslimah, Hawkins kini memakai jilbab. Ini dalam upaya untuk menunjukkan solidaritas bagi umat Islam yang telah mengalami kekhawatiran Islamophobia sejak teror Paris dan San Bernardino, California. [yy/republika]

KATEGORI REVIEW