fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Ramadhan 1442  |  Selasa 13 April 2021

Sebelum 2040, Islam Jadi Agama Terbesar Kedua di AS

Fiqhislam.com - Islam diprediksi akan menjadi agama terbesar kedua di Amerika Serikat (AS) sebelum tahun 2040. Prediksi tersebut disampaikan Pew Research Center yang merilis hasil penelitiannya, Rabu (6/1).

Saat ini, Kristen merupakan agama terbesar pertama dan Yahudi menjadi agama terbesar kedua di negeri Paman Sam. Besheer Mohamed, peneliti senior pada Pew Research Center mengungkapkan, ada sekitar 3,3 juta Muslim dari segala usia yang tinggal di Amerika Serikat pada 2015.

“Ini berarti umat Islam terdiri sekitar satu persen dari total penduduk Amerika Serikat (sekitar 322 juta orang pada 2015),” ujar Besheer dalam hasil penelitiannya bertajuk “A New Estimate of the US Muslim Population”.

Pew Research Center menyebut, jumlah pemeluk agama Islam di AS akan tumbuh berlipat pada 2050, yakni mencapai 8,1 juta orang atau 2,1 persen dari total penduduk.

Menurut Besheer, pertumbuhan Muslim di AS cukup stabil sejak 2007. Pertumbuhan populasi Muslim di AS dinilai cukup pesat, lebih cepat daripada pertumbuhan populasi Hindu dan jauh lebih cepat dari populasi Yahudi. Sehingga, dalam beberapa dekade mendatang Islam akan menjadi agama terbesar kedua, setelah Kristen.

Perkiraan tersebut didasarkan pada proyeksi demografis dalam pertumbuhan populasi Muslim di Amerika sejak 2011. Lembaga ini mengamati seluruh Muslim, baik dewasa maupun anak-anak. [yy/republika]

KATEGORI REVIEW