fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


29 Ramadhan 1442  |  Selasa 11 Mei 2021

Belajarlah Islam di Tempat Resmi

Fiqhislam.com - Pembicara kajian Islam tadabbur Alquran Parwis L Palembani menyarankan masyarakat agar belajar Islam di tempat-tempat resmi. Hal ini agar masyarakat terhindar dari ajaran kelompok menyimpang yang mengatasnamakan Islam.

"Belajarlah Islam di masjid atau pengajian resmi, jangan di tempat yang belajarnya ngumpet-ngumpet," kata Parwis L Palembani saat dihubungi Republika.co.id, Senin (11/1).

Umat diharapkan mampu mengenal hal esensial dalam Islam. Menurut Parwis, cukup mudah mengenal benar atau tidaknya suatu aliran yaitu dengan mendasarkannya pada rukun iman dan Islam.

Dalam agama, ada yang namanya kemungkaran. Semua agama sepertinya sepakat tentang kemungkaran seperti judi, zina, dan mencuri itu berdosa.

Namun jika ditilik dari sisi maruf seperti shalat dan zakat, maka ini yang dapat menjadi indikator suatu aliran tergolong menyimpang atau tidak. Aliran menyimpang biasanya memerintahkan pengikutnya untuk tidak mematuhi hal esensi yang dikenal cukup sederhana dalam Islam.

Parwis mengatakan menjadi orang Islam tidaklah perlu repot-repot. Artinya, cukuplah dengan menjadi orang Islam standard yang meninggalkan segala larangan Allah SWT sesuai dalam surat An-Nisa ayat 31.

Dalam ayat tersebut disebutkan jika seseorang meninggalkan larangan agama terutama dosa besar, maka Allah SWT sudah mengampuni dosanya.

Di dalam Islam, ada perintah dan larangan. "Dengan menjalankan perintah agama plus meninggalkan larangan itu sudah cukup. Tidak usah repot-repot ikut aliran A atau B," kata Parwis mengingatkan. [yy/republika]

KATEGORI REVIEW