25 Dzulqa'dah 1443  |  Sabtu 25 Juni 2022

basmalah.png

Fiqhislam.com - Merek yang sedang naik daun, realme, hari ini resmi mengenalkan realme V5. Kehadirannya menandai dua tonggak yang mengesankan untuk merek termuda ini, yaitu perangkat pertama dalam jajaran baru V dan tercatat saat ini sebagai smartphone 5G termurah di dunia dengan harga mulai Rp3,2 juta.

Laman GSM Arena melaporkan, realme V5 ditenagai oleh chipset 7nm Dimensity 720 buatan Mediatek yang memiliki dua inti Cortex-A76 dan enam unit Cortex-A55, semuanya berjalan pada 2 GHz. Pabrikan menawarkan pasar opsi RAM 6 GB atau 8 GB, sementara penyimpanan aslinya diatur seluas 128 GB, dengan ekspansi opsional melalui slot microSD.

Ada empat kamera di bodi belakangnya, masing-masing kamera utama 48 MP F/1.8 dan kamera sudut ultrawide 8 MP dengan 119 derajat FoV untuk menjadi pasangan yang lebih menarik. Pengaturan ini juga memiliki sensor makro untuk mengambil gambar hingga 4 cm dan sensor kedalaman untuk membantu mode Potret untuk keburaman latar belakang yang mewah.

Pindah ke sisi depan, realme V5 menghadirkan LCD 6,5 inci dengan rasio 20:9, refresh rate 90Hz, dan laju pengambilan sampel sentuh 180Hz. Realme menempatkan puch-hole tunggal di sudut kiri atas untuk kamera selfie yang memiliki sensor 16 MP. Pemindai sidik jari demi pengamanan handphone ditempatkan di samping, yang juga berperan sebagai tombol daya.

Realme V5 juga mengemas baterai 5.000 mAh dengan pengisian cepat 30W melalui port USB-C. Perusahaan menjanjikan pengisian 0-100% hanya dalam 65 menit dan Anda dapat menggunakan perangkat bersamaan dengan layar pada kecerahan penuh. Sebab VOOC menghasilkan panas yang jauh lebih sedikit daripada kebanyakan standar pengisian di pasaran.

Kemampuan 5G, termasuk dukungan untuk standar sub-6 GHz dan berfungsi baik pada jaringan SA dan NSA. Realme memiliki fitur yang disebut Smart 5G yang beralih antara 5G dan LTE ketika nyaman untuk menghemat masa pakai baterai dan memberikan pengalaman online yang lancar.

Handphone Realme V5 disertifikasi oleh Dolby Atmos untuk kemampuan suara dan Hi-Res Audio untuk "pengalaman audio yang luar biasa". Dalam siaran pernya, jajaran V akan memberikan desain trendseting dan menyedakan tiga pilihan warna, dengan satu Silver membawa logo "Realme" besar di samping, seperti jajaran Honor 30.

Dua lainnya, biru dan hijau, membawa solusi matte + glossy, yang mungkin menjadi yang pertama untuk merek realme. Tetapi sudah menjadi sesuatu yang biasa yang kita lihat di perangkat Honor 8X.

Di luar itu, realme V5 adalah ponsel yang dimiliki karena alasan yang sangat sederhana. Yakni, memiliki konektivitas 5G, baterai besar, dan harga yang sangat rendah. [yy/sindonews]