27 Dzulqa'dah 1443  |  Senin 27 Juni 2022

basmalah.png

Fiqhislam.com - Koalisi Arab melakukan serangan militer yang ditargetkan terhadap milisi Houthi yang didukung Iran di kota Marib Yaman. Serangan itu menewaskan 250 "teroris" dan menghancurkan 22 kendaraan militer.

Hal itu diungkapkan koalisi Arab dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA).

"Serangan itu terjadi selama 24 jam dan melibatkan 36 target berbeda," tambah SPA seperti dilansir dari Al Arabiya, Sabtu (15/1/2022).

Bersamaan dengan itu, Koalisi Arab juga mengadakan operasi militer di 12 sasaran di kota al-Bayda Yaman, menghilangkan “80 elemen teroris” dan tujuh kendaraan militer.

Kelompok Houthi Yaman yang didukung Iran meluncurkan puluhan serangan lintas perbatasan ke Arab Saudi sepanjang tahun 2021.

Pada September 2021, Houthi mengintensifkan upaya mereka untuk merebut Marib, Ibu Kota provinsi yang merupakan benteng terakhir pemerintah di utara.

Ketika permusuhan meningkat, Houthi pada 3 Januari menyita sebuah kapal berbendera Uni Emirat Arab yang menurut koalisi membawa pasokan medis.

Milisi yang didukung Iran itu menargetkan daerah sipil dan fasilitas energi di Arab Saudi dengan drone bermuatan bahan peledak dan rudal balistik.

Koalisi Arab telah melakukan serangan terhadap target militer Houthi di Yaman dalam beberapa bulan terakhir, memperingatkan warga sipil untuk tidak mendekati atau berkumpul di sekitar lokasi yang ditargetkan sebelumnya.

Koalisi Arab juga menekankan bahwa operasi akan dilakukan sesuai dengan hukum humaniter internasional. [yy/Berlianto/sindonews]